Komplikasi dan Pencegahan Kolesterol di Desa Lampo, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah

Recky Patala, Mariyani M, Faidil Afdal A

Abstract


Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini termasuk salah satu masalah kesehatan yang telah menjadi perhatian tingkat nasional maupun global, World Health Organization menunjukkan bahwa penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian tertinggi di negara- negara Asia Tenggara termasuk di Indonesia yaitu sebesar 37 %. Tingginya kadar kolesterol yang melebihi normal (Hiperkolesterol) dapat menjadi faktor risiko penyebab timbulnya berbagai macam penyakit tidak menular seperti peningkatan risiko penyakit hipertensi, obesitas, stroke dan jantung koroner. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku masyarakat di Desa Lampo Kabupaten Donggala terhadap komplikasi dan pencegahan Penyakit Kolesterol. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman serta perilaku yang baik terhadap komplikasi dan pencegahan Penyakit Kolesterol. Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai upaya dalam mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan obat-obatan yang dapat dikonsumsi tanpa pengawasan dari dokter.

 


Full Text:

PDF

References


Asfar, A., Asnaniar, W., O. 2018. Analisis status gizi lansia berdasarkan indeks massa tubuh (imt) dan Mini Nutritional Assesment (MNA). Jurnal ilmiah kesehatan diagnosis. 12(3): 285–290.

Ibrahim, Ma, Asuka, E., Jialal, I. 2021. Hypercholesterolemia. In: statpearls [internet]. Treasure island (fl): statpearls publishing; 2021 jan.

Kementrian kesehatan RI. 2018. Penyebab kolestrol tinggi. Jakarta: Kemenkes RI.

Ridawati, R., dan Alsuhendra, A. 2019. Pembuatan Tepung Beras Warna Menggunakan Pewarna Alami Dari Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.). Edusaintek. 3.

Warganegara, E., dan Nur, N., N. 2016. Faktor risiko perilaku penyakit tidak menular. Majority. 5(2): 88–94.

Yoeantafara, A., dan Martini, S. 2017. Pengaruh Pola Makan Terhadap Kadar Kolesterol The influence of diet to total cholesterol levels. Jurnal MKMI. 13(4): 304–309.




DOI: https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.10591

Article Metrics

 Abstract Views : 443 times
 PDF Downloaded : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Recky Patala, Mariyani M, Faidil Afdal A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Malikussaleh Mengabdi

E-ISSN : 2829-6141

Web Analytics
Stat Counter