MERETAS NILAI EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUMDES (Studi Kasus di Desa Telogorejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur)

Arif Ismunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peran BUMDes yang mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi dan meretas kemandirian masyarakat Desa. Ditengah situasi ekonomi yang seperti ini pasca pandemi covid, pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan pendapatan dan membangun unit-unit usaha baru di Desa. BUMDes merupakan wadah yang tepat dalam menopang atau penguat ekonomi desa yang dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat desa itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting Penelitian dilaksanakan di Desa Telogorejo Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Informan penelitian yaitu: Kepala Desa Telogorejo, Ketua dan Sekretaris BUMDes Bina Karya, dan Masyarakat setempat yang tergabung sebagai anggota. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Sedangkan, teknik analisis data yaitu dengan (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (making conclusion). Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan analisa data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kinerja pengurus BUMDes Bina Karya Desa Telogorejo dalam meretas dan meningkatkan nilai ekonomi, sudah mengacu pada indikator-indikator kinerja dalam suatu organisasi. Kinerja yang dilaksankan oleh pengurus BUMDes Bina Karya merupakan bentuk usaha dalam upaya mewujudkan program-program yang telah dirintis dan dikembangkan menjadi bidang usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pengawasan kinerja dilaksankan oleh Ketua BPD beserta Kepala Desa Telogorejo. evaluasi kinerja BUMDes Bina Karya dilaksanakan satu bulan sekali yaitu pada Tanggal 30. Faktor penghambat yang memepengaruhi kinerja BUMDes Bina Karya Desa Telogorejo, yaitu: 1). BUMDes belum menjadi prioritas usaha bagi masyarakat desa, 2). Kesadaran pengurus BUMDes Bina Karya dalam kinerja yang belum optimal, dan 3). Lemahnya kemampuan manajerial pengurus BUMDes.


Full Text:

PDF

References


Amalia Sri Kusuma Dewi, 2014. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa, Journal of Rural and Development Volume V No. 1 Februari.

Departemen Pendidikan Nasional Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP), 2007, Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Fatimatuz Zahro. 2021. Optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus BUMDes di Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak), Skripsi, Universitas Semarang.

Gomez Meija, D.B. Balkin dan R.L. 2001. Cardy, Manajing Human Resources, (USA: Prentice Hall.

Hasan Sidik. 2020. Meningkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Ekonomi Pedesaan di Desa Langensari, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 1, Februari 2020: 21-30.

HAW Widjaja. 2003. Otonomi Desa (merupakan otonomi yang asli bulat dan utuh), Jakarta: Raja Grafindo.

Herry Kamaroesid. 2011. Tata Cara Pendirian dan Pengelolaan BUMDes, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Howkins. 2011. Administrasi Pembangunan Konsep, Dimensi, dan Strateginya Penerapan Usaha Kecil, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

J. Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: edisi revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmudi. 2005. Manajemen Sektor Publik, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mangkunegara. 2005. Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muh. Rudi Nugroho. 2008. Penerapan Pola Sinergitas antara BUMDes dan UMKM dalam Menggerakkan Potensi Desa di Kecamatan Saptosari, Sembhada, P2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ni Komang Ayu Juliandari, dkk., Pengaruh Kemandirian Kinerja dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Lilin Lovina Beach Hotel Tahun 2016, Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 8 Tahun 2020.

Pius A Partanto & M. Dahlan Al Barry, 1994. Kamus Imiah Populer, Surabaya: Arkola.

Rudy Badrudin. 2012. Ekonomika Otonomi Daerah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Robbins, S.P., 2006, Manajemen, Jakarta: PT. Indeks.

Sub Direktorat Statistik. 2008. Analisis dan Perhitungan Tngkat Kemiskinan, Jakarta, Badan Pusat Statistik.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winarno Surakhmad. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung: Tarsito.

Wirawan. 2012. Ekonomi Untuk NegaraNegara Berkembang, Penerjemah: Agustinus Subekti, Ed, Jakarta: Bumi Aksara.

Ziauddin Sardar, Kesejahteraan dalam Perspektif Islam, Sardar, et al/Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 3 No. 5 Mei 2016: 391-401.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i1.10435

Article Metrics

 Abstract Views : 163 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arif Ismunandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457