Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2019-2021)

suwisma suwisma, Rany Gesta Putri Rais, Muhammad Haykal, Razif Razif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2019-2021). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang di peroleh sebesar 24 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan institusional dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Institutional Ownership, Managerial Ownership, Disclosure of Corporate Social Responsibility, and Corporate Values

Full Text:

PDF

References


Aliyah, B. J., & Hermanto, S. B. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 9, No. 11.

Andika, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Komposisi Komisaris Independen Terhadap Nilai Perusahaan (Perusahaan Pertambangan Batubara Tahun 2012-2016 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Negeri Yogyakarta.

Arianti, N. P. A., & Putra, I. P. M. J. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Pada Hubungan Corporate Social Responsibility & Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, Vol. 24, No. 1.

Ariyanti, F., Nurlaela, S., & Wijayanti, A. (2020). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Batu Bara Periode 2014-2018 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. FINANCIAL: Jurnal Akuntansi, Vol. 6, No. 1.

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 2, No. 1.

Dewi, Y. S., & Subardjo, A. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 9, No. 11.

Febriani, V., & Munawaroh. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 9, No. 1.

Gujarati, D., & Poter, D. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat, Jakarta.

Harahap, A. T. R., Ziandhini, M., Safitri, M., Anisya, P., & Pratiwi, A. P. (2020). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Prosiding Webinar Nasional, Vol. 1, No. 1.

Haslinda, A. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan (Edisi 1). Rajawali Pers, Jakarta.

Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility. Alfabeta, Bandung.

Scott, W. R. (2012). Financial Accounting Theory (6 th ed). Prentice-Hall International, Inc, New Jersey.

Setyawan, B., & Harnovinsah. (2016). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, Bandung.

Tambalean, F. A. K., Manossoh, H., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Vol. 13, No. 4.

Widyaningsih, D. (2018). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen serta Komite Audit Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderating dan Firm Size Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi dan Pajak (JAP), Vol. 19, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v2i2.11749

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v2i2.11749.g5178

Article Metrics

 Abstract Views : 213 times
 PDF Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh