Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020

Luthfie Al Fajar, Hendra Raza, Dy Ilham Satria, Muhammad Yusra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, diversifikasi produk dan struktur kepemilikan terhadap pengungkapan akuntansi sumber daya manusia dengan ukuran perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan food and baverage yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2020. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Food And Baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penarikan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu metode penarikan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Data yang diperoleh dari publikasi Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan sebanyak 84 observasi dengan estimasi regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel profitabilitas dan struktur kepemilikan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel pengungkapan akuntansi sumber daya manusia sedangkan diversifikasi produk memiliki pengaruh dan terhadap variabel pengungkapan akuntansi sumber daya manusia. Selain itu ditemukan juga bahwa variabel ukuran perusahaan memediasi variabel profitabilitas terhadap variabel pengungkapan akuntansi sumber daya manusia, ukuran perusahaan memediasi variabel diversifikasi produk terhadap variabel pengungkapan akuntansi sumber daya manusia dan ukuran perusahaan memediasi variabel struktur kepemilikan terhadap variabel pengungkapan akuntansi sumber daya manusia.

Keywords


Profitability, Product Diversification, Ownership Structure, Human Resources Accounting Disclosures, Company Size

Full Text:

PDF

References


Aini. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Pengungkapan Sukarela Dengan Efektivitas Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi

Al Mamun, Syed Abdulla. (2009). Human Resource Accounting (HRA) Disclosure Of Bangladeshi Companies And Its Association With Corporate Characteristics. BRAC University Journal, vol. V1, no. 1, pp. 35- 43

Amalia (2015) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia (Studi pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013)

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Barney, J. B., dan Clark, D. N. 2007. “Resource-Based View Theory: Creating and Sustaining Competitive Advantage”, Oxford University Press Inc, New York.

Bringham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta. Salemba Empat.

Chariri dan Ghozali, Ahmad. 2011. Teori Akuntansi. Yogyakarta: Andi

Cristy (2015) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2016. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, 2007, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, edisi Pertama, cetakan ketiga, Penerbit : Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Huui, 2012, Human Resources Management : An. Experiental Approach, Gramedia Pustaka, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009. Exposure Draft PSAK 19 (revisi 2009): Aset Tidak Berwujud. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2017. Exposure Draft PSAK 05 (revisi 2017): Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kowalak JP, Welsh W, Mayer B. 2011. Buku Ajar Patofisiologi. Jakarta: EGC.

Kurniawan (2017) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Kusumaningrum, Dian. (2011). Persepsi Pengunjung Nusantara Terhadap Daya TarikWisata Di Kota Palembang. Tesis PS. Magister Kajian Pariwisata. Universitas Gadjah Mada.

Puasanti (2014) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan, Komisaris Independen, dan Leverage terhadap Pengungkapan Modal Intelektual

Putri, Meidera Elsa Dwi. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia” Universitas Negeri Padang, Jurnal Manajemen, Vol.01, No.01, Hal 1-10.

Rachmawati, Meida. (2017). Keterikatan karyawan sebagai Kunci Meningkatkan Kinerja Karyawan.

Rahajeng E, Tuminah S (2010). Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Biomedis dan Farmasi Badan Penelitian Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Study pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, (September), 15–16

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendah, Rousilita. 2012. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas, Produktivitas dan Penilaian Pasar pada Perusahaan yang Go Public di Indonesia pada Tahun 2005-2007. SNA XV 2012. Banjarmasin: Universitas Tarumanagara.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.

Tjiptono Fandy, Ph.D, 2014, Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta,

Ulfa (2016) Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan, IT, dan Farmasi Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 Dan 2014)

Widodo, Nova Maulud. 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Akuntansi sumber daya Manusia. Simposium Nasional Akuntansi XVII, Mataram




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v2i1.10926

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v2i1.10926.g4813

Article Metrics

 Abstract Views : 219 times
 PDF Downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh