Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) (Studi Desa Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue)

Mirna Susanti, Ikhyanuddin Ikhyanuddin, Nur Afni Yunita, Rayyan Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh akuntabilitas dan transparansi pemerintah desa dalam pengelolaan alokasi dana desa. Penelitian ini dilakukan pada desa di Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berbentuk kuesioner yang dibagikan kepada 32 responden yang merupakan pengelola dana desa pada 8 desa yang berada di Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa di Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue. Kemudian hasil secara simultan juga diperoleh hasil bahwa akuntabilitas dan transparansi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa di Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue.


Keywords


Accountability, Transparency, and Management of Village Fund Allocation

Full Text:

PDF

References


Halim, A. (2017). Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta; Salemba Empat.

Harahap, S. S. (2020). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. (1rd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mahmudi. (2019). Manajemen Kinerja Sektor Publik (3th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nababan, R. A., Sihombing, M., & Thamrin, H. (2018). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Berkonsep Value for Money Pada Pemerintah di Kabupaten Dairi. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(1), 108-120.

Oktoviani, I. A. A., Herawati, N. T., & Atmadja, A. T. (2017). Pengaruh Praktik Akuntabilitas, Conflict of Interest dan Penegakan Hukum Terhadap Potensi Fraud Dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1-10.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Keuangan Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa.

Sarmini, A. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor Internal (Studi Empiris Pada Inspektorat Kota Banda Aceh). Jurnal Ekonomi, 1(1), 1-11.

Siregar, L. (2011). Pengaruh Akuntabilitas Publik dan Transparansi Publik dan Pengawasan Terhadap Pengelolaan APBD Dengan Standar Akuntansi Pemerintahan Sebagai Variabel Moderator Pada Pemerintah Kota Pematangsiantar. (Tesis). Universitas Negeri Medan: Medan.

Setiana, N. D., & Yuliani, N. L. (2017). Pengaruh Pemahaman dan Peran Perangkat Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. The 6th University Research Colloquim 2017, 1(1), 205-210.

Sriwijayanti, H. (2018). Analisis Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Pengelolaan APBD. (Skripsi). Universitas Putra Indonesia: Padang.

Sukmawati, F., & Nurfitriani, A. (2019). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Garut). Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM, 2(1), 52-66.

Sumarsono, S. (2015). Ekonomi Sumber Daya Manusia: Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwardjono. (2016). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogykarta: BPFE Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v2i1.10539

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v2i1.10539.g4814

Article Metrics

 Abstract Views : 184 times
 PDF Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh