Pengaruh Skeptisisme, Kompetensi, Time Budget Pressure, Kecerdasan Intelektual terhadap Kualitas Audit Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.29103/jak.v13i1.17856Keywords:
Quality of Remote audits, Skeptical Attitude, Competence, Time budget pressure, Intellectual Intelligence.Abstract
Kualitas audit jarak jauh merupakan tingkat kecukupan dan kewajaran bukti audit yang diperoleh auditor saat melaksanakan audit jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menggantikan kehadiran fisik di lokasi klien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap skeptis, kompetensi, tekanan anggaran waktu, dan kecerdasan intelektual terhadap kualitas audit jarak jauh. Populasi penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dan menggunakan desain studi kausalitas dimana terdapat hubungan antar variabel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistics. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 60 respon auditor di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap skeptis, kompetensi, dan tekanan anggaran waktu berpengaruh terhadap kualitas audit jarak jauh, sedangkan variabel kecerdasan intelektual tidak berpengaruh terhadap kualitas audit jarak jauh.
Kata Kunci: Kualitas Audit Jarak Jauh, Sikap Skeptis, Kompetensi, Tekanan anggaran waktu, Kecerdasan Intelektual.
References
Adriani. (2021). Pengaruh kompetensi, independensi, dan time budget pressure terhadap kualitas audit akuntan publik di pekanbaru. Jurnal seminar nasional ekonomi bisnis & akuntansi, universitas muhammadiyah riau, volume 1, 2021 hal. 28-38., 1, 28-38.
Arif rahman hakim, a. Y. E. F. (2015). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, pengalaman auditor, dan due profesional care terhadap kualitas audit (studi empiris pada auditor kantor akuntan publik di wilayah jakarta barat dan jakarta selatan). 151(1), 10-17.
Basuki. (2023). Pengaruh independensi, kompetensi, time budget pressure dan pengalaman kerja terhadap kualitas audit. Jurnal ilmiah manajemen, ekonomi, & akuntansi (mea), 6(3), 1638-1653. Https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2524
Cisadani, s. F., & wijaya, a. (2022). Pengaruh skeptisme profesional dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit jarak jauh pada masa pandemi covid-19 pada kantor akuntan publik di bandung. Owner, 6(4), 3424-3432. Https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1143
Hariwijaya, m. 2006. Tes eq (tes kecerdasan emosional: metode terbaru dalam penerimaan pegawai bumn dan karyawan). Yogyakarta: pustaka pelajar.
Hutagaol, a. R. G., & rahayu, s. (2022). Pengaruh independensi, kompetensi, time budget pressure dan pengalaman kerja terhadap kualitas audit (studi kasus pada inspektorat provinsi papua tahun 2022). Jurnal ilmiah mea (manajemen,ekonomi,danakuntansi), 6(3), 1638-1653.
Ladisura, a. S. (2015). Pengaruh intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kualitas pemeriksa studi pada badan pemeriksa keuangan perwakilan provinsi riau. 2(july), 1-23.
Ningsih, f., & nadirsyah. (2017). Pengaruh independensi, skeptisisme profesional auditor, penerapan standar audit, dan etika audit terhadap kualitas hasil audit (studi pada auditor bpk ri perwakilan provinsi aceh). Jurnal ilmiah mahasiswa ekonomi akuntansi, 2(3), 48-58.
Nugrahanti, t. P., & zamorano, m. A. (2022). Dampak kinerja auditor di masa pandemi covid-19 dengan teknologi informasi sebagai variabel moderasi. Jurnal ilmiah akuntansi, 3(1), 159-173.
Pradana, s., wijaya, r. Z., heru prasetyo, s., ekonomi dan bisnis, f., jambi jalan raya jambi-muara bulian km, u., & darat provinsi jambi, m. (2021). Pengaruh independensi, due professional care, time dan budget pressure terhadap kualitas audit.
Rahmat zuhdi, f. (2013). Faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pemeriksaan (studi pada auditor bpk perwakilan jawa timur). Jaffa oktober, 01(2), 83-98.
Ridwanto, s. D., & syarief, a. (2022). Pengaruh skeptisisme profesional dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit jarak jauh pada masa pandemi covid-19 (studi kasus pada inspektorat jenderal kementerian keuangan. Indonesian accounting literacy journal. Politeknik negeri bandung, 02(03), 611-618.
Setiawan, c. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual terhadap kualitas audit. Jurnal ekonomi, 1
Soobaroyen, t., & chengabroyan, c. (2006). Auditors perceptions of time budget pressure, premature sign offs and underreporting of chargeable time: evidence from a developing country. International journal of auditing, 10(3), 201-218. Https://doi.org/10.1111/j.1099-1123.2006.0350.x
Sudarno, f. N. O. (2020). Pengaruh kecerdasan inteletual terhadap kualitas audit dengan independensi auditor sebagai pemoderasi (studi empiris pada auditor kap di semarang). Diponegoro journal of accounting, 9(1), 1-12.
Syahrani, n. A., amiruddin, shaleh, m., & rhmi, r. (2023). Pengaruh kompetensi, independensi, dan time budget pressure terhadap kualitas audit pada inspektorat provinsi sulawesi selatan. Jurnal ilmu ekonomi vol. 6 no. 1, vol.6(no.1).
Wulandari, m., & ariesta, g. F. (2023). Dampak covid-19 terhadap audit fee dan kualitas audit. Jurnal economina, 2(2), 369-379. Https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.284
Yani, fitri (2011) pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi. Jurnal akuntansi pendidikan.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish their articles in Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
(3) The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.