PENDAMPINGAN PSIKOSOSIAL GO TALLENT DALAM BENTUK PSIKODRAMA, PSIKOTARI, TEATERAPUISI, DAN PADUAN SUARA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmia Dewi, Cut Ita Zahara, Nursan Junita, Idar Afrianti, Hafnidar Hafnidar

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung masyarakat memiliki kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis melalui pendampingan psikososial di sekolah. Sejumlah sekolah dasar di Lhokseumawe dan Aceh Utara mendapat pendampingan dari mahasiswa Psikologi UNIMAL dalam membuat kegiatan psikososial seperti psikodrama, psikotari, theaterapuisi, dan paduan suara. Kegiatan ini bertema “Make Mental Health and Well Being For All A Global Priority” dalam rangka memperingati hari Kesehatan Mental Dunia tahun 2022. Setelah mendapatkan pendampingan dan pelatihan, sejumlah siswa perwakilan dari masing-masing sekolah menampilkan kegiatan  psikososial atau psikoedukasi Kesehatan mental dalam acara Go Tallent pada tanggal 17 Oktober 2022 di Aula GOR UNIMAL Cunda. Acara dihadiri oleh para undangan stakeholder dari berbagai instansi dan Lembaga, serta penandatangan Momorandum of Activity (MOU) kerjasama intansi/lembaga terkait dengan Prodi Psikologi Universitas Malikussaleh.


Keywords


Kesehatan mental; psikososial; psikoedukasi; bakat

Full Text:

PDF

References


Calhoun, J. F & Acocella, J. R. (1990). Psychology of Adjustment and Human Relationship (3rd ed.), Mc-Graw-Hill Publishing Co, New York.

Daradjat, Z. (1988). Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Haji Masagung.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105-113. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/4631

Herrman, H., et al. (2005), Promoting Mental Health: Concepts, Emerging Evidence, Practice, A Report of the WHO, Geneve

Lazarus, R. S. (1976). Patterns of Adjustment (3rd ed.). Mc-Graw-Hill Kogakusha, LTD, Tokyo.

M. Noor, Noraini. (2010). Psychology From An Islamic Perspective. IIUM Press, Kuala Lumpur.

Nevid, S. J., Rathus, S.S., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal/Edisi Kelima/Jilid I alih bahasa Abnormal Psychology in a Changing World/Fifth Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nevid, S. J., Rathus, S.S., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal/Edisi Kelima/Jilid II alih bahasa Abnormal Psychology in a Changing Whorld/Fifth Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 77-80. https://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/11953

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental. 2020, Vol. 5(2), 155-164. https://demo.dspacedirect.org/server/api/core/bitstreams/2c9f9782-ca8d-4eda-98b6-06944e6f445b/content

Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan: Model-model Kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius.

Sejati, Y. R., & Ghozali, G. (2021). Literatur Review Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Depresi pada Remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 626-635. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2502

Semiun,Y. (2006). Kesehatan Mental jilid 1 & 2. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Siswanto, K. M. K. (2007). Konsep, Cakupan, dan Perkembangan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sundari, S. (2005). Kesehatan Mental Dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29103/uhjpm.v1i1.9427

Article Metrics

 Abstract Views : 198 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmia Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

UBAT HATEE: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.