SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE

Hafizul Furqan, Risawandi Risawandi, Lidya Rosnita

Abstract


Virus corona yang mewabah di Indonesia telah mengubah berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya adanya perubahan yang signifikan pada ekonomi digital. Masyarakat yang awalnya bertransaksi di toko konvensional mulai beralih ke toko digital, namun beberapa kelompok masyarakat masih kesulitan pada saat membeli laptop di e-commerce, karena tidak dapat memeriksa langsung produk dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penulis merancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu untuk merekomendasikan laptop yang sesuai secara efektif dan efisien. Beberapa kriteria yang digunakan adalah rating produk, kondisi barang, harga, merek, garansi, tipe prosesor, kapasitas memori (RAM), tipe penyimpanan, kapasitas penyimpanan, kartu grafis, ukuran layar, dan sistem operasi. Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) adalah metode yang digunakan dalam proses perhitungan, pembobotan yang dapat dilakukan secara fleksibel merupakan kelebihan dari metode SMART yang mempermudah masyarakat memberikan nilai terhadap masing-masing kriteria berdasarkan preferensi yang diinginkan, nilai bobot juga tidak akan berpengaruh jika ada penambahan ataupun pengurangan alternatif. Setelah menggunakan 20 data alternatif dari salah satu e-commerce (shopee), sistem berhasil memberikan keluaran berupa peringkat setiap alternatif dan hasil yang didapat menunjukkan nilai alternatif tertinggi sebesar 0,639841521 dan nilai terkecil sebesar 0,345627506.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/tts.v3i1.6851

Article Metrics

 Abstract Views : 452 times
 PDF Downloaded : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

(p)-ISSN : 2722-8428 - (e)-ISSN : 2988-3989