IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) PADA BROSUR PROMOSI FIKOM UNIVERSITAS ALMUSLIM MENGGUNAKAN UNITY
Abstract
Penelitian ini berjudul Implementasi Augmented Reality (AR) pada Brosur Promosi Fikom Universitas Almuslim Menggunakan Unity. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan teknologi Augmented Reality untuk menghasilkan aplikasi yang dinamis pada Brousur Fikom. Prosedur penelitian ini berdasarkan pada model pengembangan perangkat lunak waterfall. Hasil penelitian dari Brosur Augmented Reality, didalamnya terdapat objek 3D dari salah satu action figur iron man dan 3 tombol yang memiliki fungsi membuka Objek yang telah ditentukan. Beberapa tombol diantaranya adalah Go to video fikom berfungsi untuk masuk ke website yang berisi video promosi Fikom. Media promosi berbasis Augmented Reality yang telah dibangun dan berjalan dengan baik pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 yang memiliki kelengkapan software Unity 3D dengan menggunakan kamera webcam dan dapat berjalan di handphone smartphone. Media promosi berbasis Augmented Reality ini dapat menjadi sebuah cara baru bagi Universitas ALMuslim Peusangan.
Kata Kunci— Augmented Reality (Ar), Brosur Promosi, Unity
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/tts.v1i1.3241
Article Metrics
Abstract Views : 738 timesPDF Downloaded : 266 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
(p)-ISSN : 2722-8428 - (e)-ISSN : 2988-3989