GAME EDUKASI PUZZLE FUN ANIMAL MENGGUNAKAN METODE SHUFFLE RANDOM BERBASIS ANDROID

Muthmainnah Muthmainnah, Mochamad Ari Saptari, Aris Munandar, Mukti Qamal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat game puzzle edukasi berbasis Android yang menggunakan metode shuffle random untuk anak usia 5-7 tahun. Tujuan lainnya adalah untuk menerapkan metode tersebut ke dalam game puzzle, sehingga setiap sesi puzzle dapat memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap permainan. Metode yang digunakan adalah pembuatan game puzzle melalui proses demi proses, desain dan pembuatan animasi menggunakan program Game engine unity 3D, dan pengujian menggunakan teknik Blackbox. Game ini terdiri dari 10 level, dengan 5 level pada setiap game, yaitu drag and drop puzzle dan match up puzzle. Pada setiap level terdapat tantangan seperti skor dan waktu sehingga anak lebih tertantang dalam bermain dan dapat mengasah keterampilan kognitif dan motoriknya. Game ini juga dilengkapi dengan tampilan antarmuka yang menarik dan mudah dipahami oleh pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan game edukasi puzzle yang dapat membantu meningkatkan keterampilan anak-anak dan memberikan alternatif cara belajar yang menyenangkan.

Kata Kunci—Game, Puzzle, Fun Animal Puzzle, Unity 3D, Shuffle Random


Full Text:

PDF

References


. Andrea, R. (2015). Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “Find Me!-Bumi Etam”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, 5.7-1 - 5.7-4.

. Arif, M. N., & Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan game edukasi interaktif pada mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI di SMK negeri 1 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 28-36.

. Blackman, S. (2011). Beginning 3D Game Development with Unity: All-in-one, Multiplatform game development. New York: Apress.

. Finnegan, T. (2013). Unity Android Game Development by Example Beginner's Guide. Birmingham: Packt.

. Hamari, J., & Koivisto, J. (2013). Social motivations to use gamification: An empirical study of gamifying exercise. Proceedings of the 21st European Conference on Information Systems, 1-12.

. Handriyantini, E. (2009). Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. e-Indonesia Initiative 2009 (eII2009) , 130-134.

. Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 64-77.

. Fadlisyah. 2010. Panduan Praktis Komputer Grafik dan Perancangan Game, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. (978-979-756-686-9)

. Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts: An Experiment in Game Design and Teaching.




DOI: https://doi.org/10.29103/tts.v5i1.17235

Article Metrics

 Abstract Views : 47 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0

(p)-ISSN : 2722-8428 - (e)-ISSN : 2988-3989