PENGARUH SUBSTITUSI TANAH DIATOME SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK BETON ASPAL
Abstract
Sarana transportasi daratjalan memegang peranan penting dalamkehidupan masyarakat terutama dalam melayani jasa angkutan barang dan jasalainnya. Akibat beban angkut yang berlebihan, kerusakan jalan sebelum usialayanmenyebabkanberkurangnyakinerjalapisanperkerasan.Perbaikankerusakan akibat tegangan vertikal dan horizontal pada jalan dapat dilakukandenganmemodifikasicampuranaspal.Penelitianinibertujuanuntukmengevaluasi karakteristik beton aspal AC-WC dengan substitusi filler dengan tanah diatome menggunakan gradasi terbuka terhadap parameterMarshall. Tahapawal penelitian ini adalah mengkaji sifat fisik agregat dan aspal, menentukangradasi campuran dan Kadar Aspal Optimum (KAO). Berdaarkan nilaiKAO, campuran spesimen uji dirancang dengan variasi tanah diatome 0%, 2%, 4%, 6% dan 8%. Parameter Marshall dievaluasi dandibandingkandenganSpesifikasiJalanRaya2010revisi-3.Hasil karakteristikcampuran beton aspal dengan substitusi tanah diatome dengan gradasi terbuka memenuhi spesifikasi yang digunakan. Semua parameter Marshall diperoleh dengan kinerja yang cukup baik dan dapat direkomendasikan bahwa material tanah diatome dapat dipergunakan sebagai material filler dengan kinerja paling maksimum diperolehpadavariasitanah diatome8%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/tts.v4i1.11089
Article Metrics
Abstract Views : 214 timesPDF Downloaded : 50 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
(p)-ISSN : 2722-8428 - (e)-ISSN : 2988-3989