SISTEM PENDETEKSI POLA TAJWID AL-QUR’AN HUKUM MAD THABI’I (MAD ASLI) PADA CITRA MENGGUNAKAN METODE SOKAL & MICHENER

Yasir Amani, Ilham Syahputra, Dian Siddiq

Abstract


Al-Qur’an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan melalui Malaikat Jibril diberikan kepada Nabi Muhammad SAW yang dijaga kesucian dan keasliannya sampai akhir zaman dan juga sebagai sumber utama umat islam untuk menjalankan kehidupannya. Kita sebagai umat islam wajib mempelajari dan memahami apa saja isi-isi yang terkandung didalam Al-Qur’an. Dalam konteks sehari-hari banyak orang kesulitan dalam menemukan hukum tajwid di dalam Al Quran. Oleh karena itu, sistem pendeteksi tajwid diperlukan untuk membantu pengguna menemukan tajwid di dalam Al Quran. Dalam penelitian ini, Metode Sokal & Michenerdigunakan untuk menghitung jarak kemiripanpola tajwid pada citra Al Quran. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar84.85%.Persentase detection rate tersebut menunjukkan Metode Sokal & Michener dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk pendeteksian tajwid pada citra Al Quran. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki false positive rate, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pendeteksi tajwid ini, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Walaupun begitu, sistem deteksi tajwid ini tidak menafikan pentingnya guru dalam belajar cara baca sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang benar.


Full Text:

PDF

References


Permadi, Yuda and Murinto. 2015. AplikasiPengolahan Citra UntukIdentifikasiKematanganMentimunBerdasarkanTeksturKulitBuahMenggunakanMetodeEkstraksiCiriStatistik.JurnalInformatikaVol9 No 1, Januari, 2015.

Gazali, Wikaria. at al 2012. PenerapanMetodeKonvolusiDalamPengolahan Citra Digital. JurnalMatematika dan Statistik Vol 12 No 2,Juli, 2012.

Fadhilah, Cut. 2015. Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Al-Qur’an Hukum Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah pada Citra Menggunakan Metode Nei and Li.

Mulya, Megah and Abdiansyah.Penerapan Multi-threading untuk Meningkatkan Kinerja Pengolahan Citra Digital. Jurnal Jurusan Teknik Informatika,Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya Vol 8 No 2, September 2013.

Priindayanti, Dhiah Rusdiana. 2017. Pengenalan Pola Citra Penyakit Tanaman Padi pada Daun Menggunakan Gabor Waveletdan Algoritma K-Means.

Consonni, Viviana and Todeschini, Roberto. 2012. New Similarity Coefficients for Binary Data. Jurnal Communications in Mathematical and in Computer Chemistry.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.905

Article Metrics

 Abstract Views : 1221 times
 PDF Downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).