IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI HIBRID DENGAN ALGORITMA ELGAMAL DAN ALGORITMA ONETIME PAD(OTP) DALAM PENGAMANAN FILE AUDIO BERBASIS DESKTOP

Sri Melvani Hardi, Daniel Hamonangan, Muahmmad Zarlis

Abstract


Audio merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi. Bertukar informasi audio dapat dilakukan dengan mudah pada saat ini. Namun hal ini menyebabkan informasi audio yang bersifat pribadi ataupun rahasia menjadi tidak aman. Maka dari itu diciptakanlah sebuah sistem pada desktop yang mampu mengamankan file audio dengan menggunakan algoritma One-Time Pad dan algoritma ElGamal. Algoritma One-Time Pad merupakan algoritma yang sangat aman dalam mengamankan data audio namun memiliki kerentanan didalam kebocoran informasi kunci maka dibutuhkan algoritma ElGamal yang dapat mencegah kebocoran informasi kunci. Berdasarkan pengujian didapatkan hasil bahwa cepat lambatnya waktu proses enkripsi dan proses dekripsi, dipengaruhi oleh ukuran data file audio .Semakin besar data file audio tersebut maka semakin lambat waktu proses yang dilakukan. Hasil dari sistem ini berupa file audio yang terenkripsi, file kunci OTP terenkripsi yang dapat mengamankan data.


Full Text:

PDF

References


. Iqbal, M & Pane, M. A. S. 2016. SMS Encryption Using One-Time Pad Cipher. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JCE) Volume 18, No. 6: 54-58.

. Ramadayanti, A. L. 2008. Analisa algoritma Vernam (OTP). Skripsi. Universitas Sriwijaya.

. Riyanto, M. Z. 2007. Pengamanan Pesan Rahasia Menggunakan Algoritma ElGamal Atas Grup Pergandaan Zp*. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

. Rolf, O. 2011. Contemporary Cryptography. 2nd Edition. Artech House: Norwood.

. Salomon, D. 2007. Data Compression: The Complete Reference. 4th Edition. Springer- Verlag: London.

. Zelvina, A., Efendi, S. & Arisandi, D. 2012. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa. Jurnal Dunia Teknologi Informasi Volume 1, No. 1: 56-62.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.903

Article Metrics

 Abstract Views : 573 times
 PDF Downloaded : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).