SISTEM PENDETEKSI POLA TAJWID AL-QUR’AN HUKUM IKHFA SYAFAWI DAN IDGHAM MIMI PADA CITRA MENGGUNAKAN METODE EUCLID DISTANCE DAN BRAY CURTIS DISTANCE

Defry Hamdhana, Fadlisyah Fadlisyah, Safira Adani

Abstract


Al-Qur’an adalah Kalamullah, sebagai mu’jizat, yang telah diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, Muhammad dengan perantara Jibril yang termaktub dalam mushaf-mushaf yang dinukil sampai kepada kita secara mutawatir, membacanya sebagai ibadah, yang dimulai dengan surah Al-Fatihah yang ditutup dengan surah An-Nas. Untuk membaca Al-Qur’an diperlukan pengetahuan tentang pedoman ilmu Tajwid. Dalam penelitian ini, metode Euclid Distance dan Bray Curtis Distance digunakan untuk menghitung jarak keakurtan pola Tajwid pada citra Al-Qur’an. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 70% hingga 90%. Persentase detection rate tersebut menunjukkan bahwa metode Euclid Distance dan Bray Curtis Distance dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk pendeteksian pola Tajwid pada citra Al-Qur’an, akan tetapi dari segi hasil Big Theta menyatakan bahwa algoritma Euclid Distance lebih efisien karena memiliki jumlah Big Theta yang lebih kecil dari Bray Curtis Distance. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki false positive rate yang tinggi, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pendeteksi Tajwid ini, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi, dan inputan sampel bisa berupa citra Al-Qur’an selain dari surat Al-Baqarah. Walaupun begitu, sistem deteksi Tajwid ini tidak menafikan pentingnya guru untuk membimbing dalam belajar cara baca sesuai dengan hukum-hukum Tajwid yang benar.


Full Text:

PDF

References


Achmad Balza, Firdausy Kartika, 2013. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Al Abror Ma’sum, 2015. Belajar Praktis Ilmu Tajwid. Jakarta: Pandom Medua Nusantara.

Asma Nur, 2011. Sistem Pendeteksian Wajah Pada Video Menggunakan Pendekatan Jaringan Saraf Tiruan. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Fadhilah Cut, 2015. Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Al-Qur’an Hukum Idgham Bi-Ghunnah Dan Bilaghunnah Pada Citra Menggunakan Metode Nei And Li. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Fadlisyah, 2007. Computer Vision Dan Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi.

Kadir Abdul, 2013. Dasar pengolahan citra dengan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Nargaza Juanda, 2013. Pengenalan Pola Tanda Tangan Menggunakan Transformasi Slant. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Reuleut-Aceh Utara.

Sutabri Tata, 2012. Analisis Sistem Informasi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Wayan Suartika E. P I, Yudhi Wijaya Arya, dkk, 2016. Klasifikasi Citra

Widodo, P. P., dan Herlawati, 2011. Menggunakan UML. Informatika Bandung. Bandung.

Ya’la Kurnaedi Lc Abu, 2014. Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.886

Article Metrics

#### view : 289 times
PDF 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).