ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN PADA DEPARTEMENT FIBER LINE DI PT. TOBA PULP LESTARI

Cut Ita Erliana, Defi Irwansyah, Dahlan Abdullah, Muhammad Zarlis, Elviwani Elviwani

Abstract


Tenaga kerja merupakan unsur dominan yang mengelola bahan baku, mesin, peralatan dan proses lainnya yang dilakukan di tempat kerja, guna menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, tenaga kerja merupakan unsur yang berhadapan langsung dengan berbagai akibat dari kegiatan industri yang dilakukan. Lingkungan kerja fisik yang tidak memenuhi syarat seperti bising yang telah melebihi NAB merupakan salah satu contoh yang dihadapi oleh tenaga kerja di lingkungan kerja. Salah satu kegiatan yang menghasilkan bising adalah kegiatan pada departement fiberline di PT. Toba Pulp Lestari yang merupakan area pembuatan pulp. Kebisingan yang ditimbulkan dari mesin-mesin produksi menimbulkan sulitnya berkomunikasi antara sesama karyawan dan mengganggu sistem pendengaran sehingga meningkatkan kelelahan kerja pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap kelelahan kerja pada karyawan. Pengukuran kebisingan dilakukan di 30 titik pengukuran. Pemetaan kebisingan (noise mapping) digunakan untuk melihat daerah-daerah yang bising ataupun daeah yang tidak bising. Regresi linear digunakan untuk mengetahui pengaruh antara kebisingan dan kelelahan kerja yang dialami oleh karyawan. Korelasi digunakan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara kebisingan dan kelelahan. Hasil dari regresi menunjukkan semakin tinggi tingkat kebisingan maka semakin tinggi pula tingkat kelelahan kerja pada karyawan. Hasil dari analisis korelasi diketahui bahwa korelasi bernilai positif atau berkorelasi kuat. Ini menunjukkan bahwa pengaruh kebisingan terhadap kelelahan sangat kuat.


Full Text:

PDF

References


Buchari, 2007. Kebisingan dan Hearing Conversation Program.

Departermen Tenaga Kerja RI, 1999. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 51/MEN/1999 Tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisik di Tempat Kerja. Jakarta: Depnaker RI.

Efendi, Arifin Nur, 2013. Pengaruh Kebisingan Terhadap Kelelahan pada Tenaga Kerja Bagian Produksi “Candy” PT. Deltomed Laboratories Wonogiri, Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.

Harinaldi, Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik Dan Sains, Jilid 1, Jakarta, Penerbit: Erlangga, 2005.

Hidayah, Lailatul Fitri, 2011. Pengaruh Kebisingan Terhadap Kelelahan Tenaga Kerja di Bagian Mesin Tenun PT. Iskandartex Surakarta, Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Isnarningsih, Ema., 2009. Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Kelelahan Tenaga Kerja Di Bagian Welding 2b dan Bagian P2 Shipping Cbu Di Pt X Plant Ii Jakarta Utara, Skirpsi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Krisnawati, Bayu., 2010. Hubungan Intensitas Kebisingan Terhadap Kelelahan Kerja Sebelum dan Sesudah Kerja pada Karyawan Mekanik Maintenancw Utility Compresor Di PT. Indo Acidatama, Tbk. Kemiri Kebak kramat Karangyar, Skipsi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Noviani, Risa Diah., 2010. Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Stres Kerja pada Tenaga Kerja Penggilingan Padi Di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo, Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Prabu, 2008. Dampak Kebisingan Terhadap Kesehatan.

Sari, Ratih Perwita., 2010. Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bagian Screening Cv. Mekar Sari Wonosari Klaten, Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Saputra, Ade, dkk, 2015. Pemetaan Tingkat Kebisingan Yang Ditimbulkan Oleh Mesin Pengolahan Kelapa Sawit Di PT. Tasma Puja, Kabupaten Kampar-Riau. JOM FMIPA. Volume 2.

Sihar, Tigor Benjamin Tambunan, 2005. Kebisingan di Tempat Kerja (Occupational Noise), Yogyakarta, Andi.

Sukmono, Daniel Haris., 2010. Pengaruh Kebisingan Terhadap Tingkat Kelelahan Kerja Di Penggilingan Padi Desa Griyan Keluran Baturan kecamatan Colomadu Kab.Karangnyar, Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wardani, Tyas Lilia, 2010. Penagaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Penggilingan Padi Di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo, Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.842

Article Metrics

#### view : 546 times
PDF 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).