APLIKASI QUICK COUNT PILKADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAMPLE RANDOM SAMPLING BERBASIS ANDROID

Nurdin Nurdin, Defry Hamdhana, Muhammad Iqbal

Abstract


Aplikasi quick count pilkada kota Lhokseumawe ini merupakan sebuah aplikasi penyampaian informasi hasil perhitungan cepat suara pemilihan kepala daerah dengan menggunak android yang bertujuan memudahkan setiap user pada TPS untuk mengirimkan hasil perhitungan suara sehingga proses pengiriman hasil perhitungan suara dapat berjalan dengan cepat. Aplikasi ini juga menggunakan metode sample random sampling yang dapat membantu penarikan sampel dari jumlah populasi pemilih tetap. Perancangan aplikasi ini menggunakn UML sebagai gambaran perancangan system, dan dibangun menggunakan bahasa pemograman java dengan aplikasi Android Studio, dan MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah aplikasi quick count yang dapat membantu proses perhitungan suara dari setiap TPS dengan cepat dan juga dapat membantu para pasangan calon untuk mengetahui daerah perolehan suara terbanyak. Berdasarkan hasil penilitian diperoleh pasangan calon 1 memiliki kemenangan di kecamatan Banda Sakti 30%, pasangan calon 2 memenangkan kecamatan Blang Mangat 47.3%, pasangan calon 3 unggul pada kecamatan Muara Satu 40.9% dan pasangan calon 4 suara terbanyaknya di kecamatan Muuara Satu 30.2%.

Full Text:

PDF

References


Danishwara, Dewandra. 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Smart Android For Moslem Berbasis Lokasi Penguna”. Jurnal Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Surabaya.

Haviludin. 2012. “Memahami Penggunaan UML(Unified Modelling Langguage)” Jurnal Universitas Mulawarman. Samarinda.

Muhammad Fajar Arsiadi Sriyanto, 2013. “Aplikasi penampil hasil quick count pemilu secara real time Berbasis web dengan android sebagai media penginputan data”, Jurnal Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Raden Putra, Andri Suprayogi, Sutomo Kahar, 2013. “Aplikasi SIG Untuk Penentuan Daerah Quick Count Pemilihan Kepala Daerah”. Jurnal Mahasiswa Teknik Geodesi Universitas Diponegoro.

Sugiyono, 2014. “Statistika untuk Penelitian” Buku. Penerbit ALFABETA. Bandung.

Sukanta, 2012. “Perbedaan Real Count dengan Quick Count” http://www.softwarepilkada.com/smsrealcount/perbedaandenganquick-count/




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622

Article Metrics

 Abstract Views : 18940 times
 PDF Downloaded : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).