IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTIPLICATIVE CONGRUENTIAL RANDOM NUMBER GENERATOR PADA TRY-OUT SMP (SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) BERBASIS CLIENT SERVER

Rozzi Kesuma Dinata, Muhammad Fikry, Hasan Tahir

Abstract


Try out adalah suatu kegiatan pelatihan untuk ujian nasional yang berbentuk tes seperti ujian sebenarnya dimana digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa-siswi dalam mengerjakan soal ujian dan digunakan untuk menambah pengetahuan dan juga membiasakan siswa-siswi dalam menghadapi ujian nasional. Adapun permasalahan yang menyebabkan sistem ini dibuat yaitu penggunaan lembar kertas yang akan terbuang sia-sia setelah digunakan, pengoreksian dan penilaian lembar jawab yang menghabiskan banyak waktu, urutan soal yang tidak acak sehingga siswa lain dengan mudah mencontek jawaban siswa lainya. Tujuan dari aplikasi ini mengatasi permasalahanpermasalahan yang ada di try out saat ini. Dalam proses pengerjaannya dibutuhkan algoritma yang dapat diimplementasikan dalam aplikasi tersebut yaitu algoritma Multiplicative Congruential Random Number Generator (CRNG). Keunggulan algoritma Multiplicative CRNG yaitu pada kecepatan dalam proses pengacakan soal karena membutuhkan sedikit operasi bit sehingga nantinya siswa-siswi akan mendapatkan soal yang berbeda-beda.


Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Aji, Wahyu. Dkk. 2013. Aplikasi Permainan Pairs Bahasa Arab Menggunakan Algoritma Depth First Search Dan Multiplicative CRNG. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language).

Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Kristanti, Tanti. 2012. Rancangan Website Dan Profil Usaha Advertising Menggunakan Php Dan Mysql. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

Nazrul Achmad. 2013. Rancangan Website Dan Profil Usaha Advertising Menggunakan Php Dan Mysql. Akademi Manajemen Informatika dan Komputer. Palembang.

Suparman Usup. 2012. Perancangan Sistem Informasi Tryout Online Pada Sma Nasional Bandung. Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Wahyu Widodo, Agus. dkk. 2010. Penerapan Algoritma Genetika Pada Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner. Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Brawijaya, Malang.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.608

Article Metrics

 Abstract Views : 1023 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks





TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).