PERAMALAN TINGKAT PENYEBAB KEMATIAN BAYI DENGAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA

Mukti Qamal

Abstract


Metode Regresi Linear Berganda digunakan untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu variabel bebas terhadap variabel terikat. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada Dinas Kesehatan Aceh Utara dengan menggunakan dua variable bebas, yaitu X1 adalah kematian bayi yang disebabkan oleh BBLR (Berat Badan Lahir Rendah), dan  X2 adalah kematian bayi yang disebabkan oleh asfiksia (gagal pernafasan), dan satu variable terikat, yaitu y adalah jumlah kematian bayi. Sistem ini meramalkan tingkat penyebab kematian bayi untuk seluruh puskesmas di Aceh Utara yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu puskesmas bagian Timur, bagian Barat dan Tengah, bagian Pedalaman, dan bagian Pesisir. Hasil dari sistem ini berupa peramalan tingkat penyebab kematian bayi yang lebih berpengaruh tahun depan. Dari data kematian bayi pada tahun 2014 di 26 puskesmas di Aceh utara, hasil yang diperoleh pada tahun 2015 adalah penyakit asfiksia lebih berpengaruh dari pada BBLR. Sistem ini diharapkan dapat membantu pihak Dinas Kesehatan untuk meramalkan tingkat penyebab kematian bayi yang lebih berpengaruh tahun depan.


Full Text:

PDF

References


Agus, Lutfi. Perbandingan Analisis Trend dan Holt Double Eksponensial Smoothing dalam Meramalkan Angka Kematian Bayi di Jawa Timur. Fakultas Kesehatan Universitas Airlangga.

Algifari. 2011. Analisis Statistik Untuk Bisnis; Dengan Regresi, Korelasi Dan Nonparametrik. Penerbit BPFE. Yogjakarta.

J.Supranto. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga. Jakarta.

Makridakis, 1999. Metode Exponential Smoothing. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Masom, R.D & Douglas A. Lind. 2012. Teknik Statistik Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Jilid II. Erlangga. Jakarta.

Rosnani Ginting, 2010. Perancangan Produk. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Supriyono. Analisis Perbandingan Logika Fuzzy dengan Regresi Berganda sebagai Alat peramalan. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Batan.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v9i1.204

Article Metrics

 Abstract Views : 755 times
 PDF Downloaded : 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).