ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN (MATURITY LEVEL) TEKNOLOGI INFORMASI PADA PUSTAKA MENGGUNAKAN COBIT 4.1

Angga Pratama

Abstract


Teknologi informasi merupakan kebutuhan yang penting bagi Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA).  Evaluasi terhadap Teknologi Informasi di PUSTAKA dengan kerangka kerja COBIT dengan model Maturity Level sangat berguna bagi PUSTAKA. Karena dengan adanya evaluasi tersebut manajemen PUSTAKA dapat mengetahui posisi Maturity Level dan melakukan perbaikan terhadap divisi Teknologi Informasi. Model Maturity Level digunakan untuk mengontrol proses-proses teknologi informasi dengan menggunakan metode penilaian, sehingga PUSTAKA dapat menilai manajemen Teknologi Informasi yang dimilikinya saat ini dari skala non-existent (level 1) sampai dengan optimised (level 5) serta memiliki gambaran akan kondisi yang diharapkan pada masa yang akan datang. Dari Penelitian ini, diperoleh kesimpulan divisi Teknologi Informasi di PUSTAKA memperoleh level 2,51 yaitu Repeatable but Intuitive atau  baru dijalankan. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen PUSTAKA telah mengetahui proses tata kelola Teknologi Informasi, tetapi proses tersebut belum diaplikasikan secara optimal, hal ini disebabkan karena kekurangan jumlah Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi di PUSTAKA dan juga perlu menyediakan perencanaan, prosedur, standar dan pendekatan yang terstruktur . Pengembangan perencanaaan, prosedur, standar dan pendekatan yang terintegrasi membantu PUSTAKA dalam meningkatkan kinerja, khususnya bagian Teknologi Informasi.


Full Text:

PDF

References


Guldentops, E., 2002. Information System Control, Journal of Information System, USA.

IT Governance Institute., 2007. CobIT (4,1th ed), Framework, Control Objectives, Management Guidelines and Maturity Model, ITGI, USA.

Pederiva, A., 2003 . The CobIT Maturity Model in a Vendor Evaluation Case, Information System Control Journal, Volume 3, USA.

Sanyoto, G., 2007 . Audit Sistem Informasi dan pendekatan CobIT, Mitra Wacana Media, Jakarta .

Sasongko, Nanang., 2009. Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT versi 4.1, Ping Test dan CAAT pada PT. Bank X Tbk Di Bandung, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v9i1.203

Article Metrics

 Abstract Views : 2492 times
 PDF Downloaded : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).