IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT SAKIT KEPALA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

dahlan Abdullah, Muslem Muslem

Abstract


Sistem Pakar merupakan program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk masalah dalam suatu domain yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena sistem pakar dapar sebagai cara penyimpanan pengetahuan pada kasus sakit kepala. Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang kesehatan yaitu sistem pakar untuk diagnosa sakit kepala dan termasuk kedalam jenis penyakit golongan apa, ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering ada. Selanjutnya sakit kepala dapat mengancam jiwa pasien. Sakit kepala primer diantaranya Migren, Tension Type Headache (TTH), Cluster, Vertigo dan Sinus. Metode penalaran diantaranya menggunakan teknik inferensi runut maju (forward chaining). Dimana pada forward chaining ini dimulai dengan informasi awal (gejala awal) dan bergerak maju untuk mencocokkan informasi selanjutnya sampai menemukan informasi yang sesuai dengan aturan/rule, lalu akan menyimpulkan berupa keterangan jenis penyakit dan solusi. Berdasarkan dari gejala yang diderita pasien yaitu mengalami Rasa Sakit Di Belakang Kepala Dan Leher Dan Digambarkan Seperti mendesak atau tertekan, mengalami nyeri biasanya ringan (tidak melumpuhkan) dan bilateral (mempengaruhi dua sisi kepala), untuk jawaban dari pernyataan lain tidak mengalami gejala sakit kepala. Hasil dari diagnosa adalah sakit kepala tegang (tension-type-headache) dengan proporsi 50 %, oleh karena itu solusi pengobatan adalah mefinter, asam nefenamat dan mefinal.

Full Text:

PDF

References


Bustami, 2013. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilititasnya. http://jurnal.feunsika.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/Analisis-Manajemen-Mutu-Pelayanan-Kesehatan-Pada-Rumah-Sakit-Islam-Karawang.pdf Diakses 2 Februari 2015.

Christianti Meliana dan Handoko Tania, Aplikasi Pemesanan Kamar Serta Pengelolaan Data Kamar Secara Mobile pada Hotel Le Beringin, http://repository.maranatha.edu/558/1/Aplikasi%20Pemesanan%20Kamar.pdf Diakses tanggal 2 februari 2015

Dahria M, 2011. pengembangan sistem pakar dalam membangun suatu aplikasi. Jurnal SAINTIKOM Vol. 10 / No. 3 / September 2011, Diakses Tanggal 6 Februari 2015

Dewanto G, Suwono WJ, Riyanto B, Turana Y. Bab 6: Nyeri Kepala dan Vertigo dalam Panduan Praktis Diagnosis dan Tatalaksana Penyakit Saraf. Jakarta: EGC. 2009.

Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta.

Nugroho A, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI). Konsensus Nasional II Diagnostik dan Penatalaksanaan Nyeri Kepala. 2005.

Rachmawati, Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Sekolah Tinggi Teknologi Garut,2010. http://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/ algoritma/article/download/9/9 Diakses Tanggal 6 Februari 2105.

Sutojo, T, Edy Mulyanto & Vincent Suhartono, 2011. Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta.

Simarta, Janer & Iman Paryudi, 2010. Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Soliching A, 2011. Sistem Pakar Berbasis Mobile Untuk Mendeteksi Penyakit Pada Ginjal. Jurnal Digital Information & System Conference 2011 Diakses Tanggal 6 Februari 2015.

Widjaja Jimmy Hadi, 2011 mekanisme terjadinya nyeri kepala primer.http://elib.fk.uwks.ac.id/asset/archieve/jurnal/vol1.no2.Juli2011/MEKANISME%20TERJADINYA%20NYERI%20KEPALA%20PRIMER.pdf Diakses 2 Februari 2015.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v7i2.195

Article Metrics

 Abstract Views : 5765 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).