Jurnal Analisis Sentimen Menggunakan Pendekatan Interaksi Manusia-Komputer (IMK) dengan Teknik Data Mining pada Media Sosial

Indah Shafiyya

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna di media sosial dengan menggunakan pendekatan Interaksi Manusia-Komputer (IMK) dan teknik data mining. Dalam penelitian ini, digunakan algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) untuk memancarkan sentimen terhadap produk tertentu berdasarkan ulasan dan komentar pengguna.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dapat mencapai akurasi tinggi dalam klasifikasi sentimen.
Kata Kunci: AnalisisSentimen, IMK, Data Mining, Naïve Bayes, Support Vector Machine, Media Sosial.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v15i2.19421

Article Metrics

 Abstract Views : 61 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Shafiyya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Indexed by:

          

Google Scholar
   
 

 


© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.