TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENENTUAN LOKASI PEMASANGAN IKLAN DENGAN MEMANFAATKAN METODE KRITERIA BAYES

Bagus Priangga, Sri Winiarti

Abstract


Kehadiran reklame menjadi ladang promosi, media promo outdoor ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan media promo lain karena pesan yang disampaikan dapat dilakukan berulang-ulang, informasi yang diberikan dapat lebih detail, menampilkan visual sehingga mudah diingat, tetapi pemasangan reklame yang tidak sesuai akan mengganggu kenyamanan bagi masyarakat terutama bila pemasangan reklame yang sembarangan dan tanpa ijin yang jelas akan merugikan banyak pihak selain itu belum adanya aturan khusus dalam penataan reklame membuat potensi kawasan jenuh reklame akan semakin besar. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menetukan kelayakan lokasi pemasangan iklan atau reklame agar dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pemilik serta konsumen reklame. Subjek penelitian ini adalah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan (reklame). Konsep pengembangan dengan paradigma waterfall, tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data dengan menggunkan metode studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi desain basis pengetahuan, alur keputusan, deskripsi kebutuhan, permodelan proses, permodelan data, perancangan antar muka, implementasi dan pengujian sistem. Sistem yang dikembangkan menggunakan metode kriteria bayes dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penentuan lokasi pemasangan iklan dengan metode kriteria bayes berbasis web serta memberikan informasi harga pajak reklame. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan. Sistem ini dapat digunakan oleh calon pemasang reklame yaitu biro iklan dan masyarakat baik pribadi maupun badan untuk menentukan lokasi pemasangan iklan dan dinas pajak dapat melihat hasil analisa yang telah diinputkan oleh calon pemasang reklame.

Full Text:

PDF

References


. Zaid, 2008, Penggunaan Sig Untuk Pengelolaan Dan Pemetaan Lokasi Papan Reklame Berbasis Web, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

. Hadi, Rachmatul 2010, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Pembangunan Minimarket Berdasarkan Keadaan Lokasi, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

. Daihani, U. D., 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan,

PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.(SPK)

. Kristanto, H., 1994, Konsep Dan Perancangan Data Base,

Andi Offset, Yogyakarta.

. Husni Iskandar Pohan., 2007, Pengantar Penrancangan

Sistem, Jakarta: Erlangga.

. R.S Pressman., 2001, Software Engineering, R.S. Pressman &

Associates, Inc.

. Peraturan Walikota Yogyakarta No 26 Tahun 2010 Tentang

Masterpaln Reklame dan Alat Peraga di Kota Yogyakarta.2010.

Yogyakarta.

. Peraturan Walikota Yogyakarta No 74 tahun 2009 tentang

Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Madya Daerah

Tingkat II Yogyakarta No 91 tahun 1998 Tentang Pajak

Reklame. 2009. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v7i1.180

Article Metrics

 Abstract Views : 356 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).