Penerapan Sistem Deteksi Pengisian Ruang Parkir Kendaraan Roda 4 Menggunakan Metode Computer Vision Di Orbit Future Academy

Lidya Rosnita, Sujacka Retno

Abstract


Keberadaan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah lanskap teknologi dan membawa perubahan signifikan bagi kehidupan manusia. Di Indonesia terdapat perusahaan Orbit Future Academy (OFA) yang berfokus pada program Artificial Intelligence 4Jobs (AI 4JOBS). AI 4JOBS bertujuan untuk memperkuat kompetensi individudalam kecerdasan buatan (AI) sebagai persiapan untuk terjun ke dunia kerja yangterus berkembang. Program AI 4JOBS di OFA dirancang dengan beragam modulyang mencakup pemahamankonsep AI, keterampilan teknis, aspek etika profesi,dan kesiapan berkarir. Dalam penelitian ini berfokus pada" Penerapan Sistem Deteksi Pengisian Ruang Parkir Kendaraan Roda Menggunakan Metode Computer Vision".Untuk menyelesaikan tugas tersebut, sebuah website AI dibangun dengan memanfaatkan domain AI Computer Vision  dengan ruang warna HSV (Hue, Saturation, Value) dan library OpenCV adalah pendekatan yang umum digunakan dalam pengolahan citrauntuk membedakan kendaraan dari latar belakanguntukmengidentifikasitata dalam pengaturan parkir kendaraan roda 4.Melaluiprogram AI 4JOBS di OFA, peneliti berhasil memperoleh pengetahuan yang luastentangAIdanmengasahketerampilanteknisyangsangatdibutuhkandalammenghadapiperkembanganteknologiAI. Selainitu,programinijugamemberiwawasantentangetikaprofesidankesiapanberkarirdieraAI.

References


Marlince NK Nababan, T. D. (2020). Pemodelan Sistem Parkir Kendaraan Berbasis Aes. Jikomsi Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Vol 3 No 2, pp 76-80.

Muhammad Afifudin, G. A. (2022). Deteksi Ruang Parkir Menggunakan OpenCV. Teknotika, Vol. 2, No. 1.

Ningsih, S. (2023). Pengelolaan Parkir di Kota Sambas. Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 78-86.

Sisco Jupiyandi, F. R. (2018). Pengembangan Deteksi Citra Mobil Untuk Mengetahui Jumlah Tempat Parkir Menggunakan Cuda Dan Modified Yolo.Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 6, No. 4.

Yusnitar., N. D. (2012). Intelligent Parking Space Detection System Based onImage Processing. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 3, No. 3.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v15i1.16142

Article Metrics

 Abstract Views : 10 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lidya Rosnita, Sujacka Retno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Indexed by:

          

Google Scholar
   
 

 


© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.