APLIKASI PENCARIAN RUTE TERDEKAT LOKASI KLINIK KESEHATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING

Eva Darnila, Risawandi Risawandi, Nursanti Nursanti

Abstract


Persebaran lokasi klinik kesehatan di Kota Lhokseumawe menyebabkan masyarakat ataupun calon pasien klinik kesehatan kesulitan dalam mencari klinik kesehatan terdekat serta rute – rute terbaik menuju klinik kesehatanseperti dalam keadaan kecelakaan maupun keadaan darurat lainnya. Pencarian lokasi klinik kesehatan dengan menggunakan rute yang signifikan untuk membantu calon pasien klinik kesehatan mendapatkan rute terdekat(shortest path) yang ditampilkan pada peta dengan menggunakan algoritma Steepest Ascent Hill Climbing berbasis web. Dalam metode penelitian menggunakan algoritma Steepest Ascent Hill Climbing yang merupakan algoritma optimasi yang salah satu penerapannya adalah mencari rute terdekat berdasarkan nilai heuristik untuk menetapakan alur yang terdekat. Dengan cara menghitung manual titik koordinat setiap persimpangan jalan dan menghubungkan antar titik koordinat setiap persimpangan jalan yang mungkin untuk dilalui. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mencari rute terdekat klinik kesehatan berbasis web untuk mempermudah dalam proses pencarian rute terdekat dari titik awal User berada di Islamic Center(A) yang berada di jalan Merdeka, sehingga untuk menuju ke klinik Olasvi(Z)  rute terdekat nya adalah melalui jalan Merdeka(B) kemudian ke jalan Samudra Baru(K) yang selanjunya menuju ke klinik Olasvi(Z).

 

 

Key Words : Steepest Ascent Hill Climbing, Rute terdekat, Klinik Kesehatan, Web


References


Zemma, Lipian Alfha, Herfina, and Arie Qur’ania. 2017. Penerapan Metode Steepest Ascent Hill Climbing pada Model pencarian Rute Terdekat Fasilitas Pelayanan Darurat Di Kota Bogor Berbasis Android, E-jirnal.

Kusumadewi, S, and Purnomo H. 2005. Penyelesaian Masalah Optimisasi dengan Teknik – Teknik Heuristik, Ghara Ilmu, Yogyakarta.

Yuniawanti, Endah P. 2015. Optimasi Rute Distribusi Menggunakan Steepest - Ascent Hill Climbing. Tugas Akhir, Universitas Negeri Yogyakarta.

Budiati, Heani. 2015. Perbandingan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing Dan Simulated Annealing Pada Penyelesaian Tsp, Majalah Ilmiah UKRIM.

Irfan, muhammad. 2017. Penyelesaian Travelling Salesman Problem (TSP) Menggunakan Algoritma Hill Climbing dan MATLAB, Jurnal Matematika.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i2.1482

Article Metrics

 Abstract Views : 1742 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).