SISTEM PENERJEMAHAN KITAB PELAJARAN IBADAH KEDALAM BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CITY BLOCK DISTANCE SISTEM PENERJEMAHAN KITAB PELAJARAN IBADAH KEDALAM BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CITY BLOCK DISTANCE

asmaul husna, Muthmainnah Muthmainnah, Safwandi Safwandi

Abstract


 

Kitab Pelajaran Ibadah merupakan salah satu kitab Arab Melayu yang membahas tentang Ilmu Figih, kitab ini merupakan salah satu kitab yang sangat penting untuk kita sebagai umat islam  karena kitab ini membahas tentang hukum - hukum islam yang dijadikan bahan pelajaran bagi pemula. Pengertian Taharah, pengertian Zakat, Shalat, Haji, dan peraturan Mandi , yang terkandung didalam kitab ini. Penelitian ini membahas tentang cara baca kitab Pelajaran Ibadah yang lebih mudah untuk masyarakat umum dengan menggunakan pengenalan pola citra pada kitab dengan perhitungan metode City Block distance. Perancangan sistem dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan-kebutuhan sistem, dengan melakukan penanaman pola pada halaman dengan proses citra resize, grayscale, dan konvolusi serta diproses dengan perhitungan metode City Block Distance. serta faktor faktor yang mempengaruhi unjuk kerja sistem yang akan dibuat. Sistem ini hanya mengenali pola terjemahan pada file yang telah dilatih berupa file.bmp, dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan dengan bahasa pemograman Delphi 7. Pengujian dilakukan dengan penanaman pola halaman kitab dan akan di deteksi sehingga hasil keluarannya berupa terjemahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Kinerja Algoritma City Block Distance  untuk pendeteksian terjemahan Kitab Pelajaran Ibadah mendapatkan hasil akurasi  85.7%.

 

Kata kunci : Kitab Pelajaran Ibadah, Metode City Block Distance, UML (Unified Modeling Language), Delphi 7


References


Dian siddiq, Fadlisyah, Bustami. 2017. Sistem Pendekteksian Pola Tajwid Alquran Hukum Mad Thabi’i Menggunkan Metode Sokal & Menchener, Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Favelhotel Jayapura, 3 November

Fadhilah, Cut. 2015. Tugas Akhir Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Al-Qur’an Hukum Idgham Bighunnah Dan Bila-Ghunnah Menggunakan Metode Nei And Li. Tugas akhir. Prodi Teknik Informatika. Universitas Malikussaleh. Bukit Indah.

Habibullah , Mosleh. 2015. Proses Dan Hasil Penerjemahan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Translation Theory and Practicle Di STAIN pemekasan), Nuansa, Vol.12,1 Januari - Juni 2015.

Kadir, Abdul, 2013. Dasar Pengolahan Citra dengan DELPHI. Yogyakarta : Andi

Munandar, Imam. 2013. Implementasi Algoritma Deteksi Tepi Untuk Menentukan Kualitas Surface Pada Mutiara Laut Dengan Menggunakan Metode Sobel( Study Kasus PT.Autore Pearl Farm Show Room.(http://repository.uin-suska.ac.id/2863/8/EM.pdf, diakses tanggal 12 oktober 2018.).

Pressman, 2013. Unifed Modeling Languange. Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu.

Putra, Darma, 2013. Dasar pengolahan citra digital, Yogyakarta : Andi.

Rasyidin, Abdi, 2012, Sistem Koreksi Cahaya Pada Citra Digital Menggunakan Kamera Metode Konvolusi. Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Reulet- Aceh Utara.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i1.1283

Article Metrics

 Abstract Views : 1152 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).