SISTEM PENGENALAN AYAT AL-QUR’AN SURAH AL-GHAASIYAH MELALUI SUARA MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI LAPLACE

Bustami Bustami, Mutammimul Ula, Shayravi Shayravi

Abstract


Al-Qur'an merupakan pedoman hidup kaum muslim yang berisikan firman Allah dan di dalam Al-Quran terdapat kumpulan surah-surah yang tersusun dalam bahasa Arab, dan dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Hampir semua umat muslim di dunia mampu membaca Al-Qur’an bahkan ada yang bisa  menghafalnya, akan tetapi terkadang tidak dapat mengetahui ayat surah apa yang sedang di bacanya karena mereka hanya sekedar membaca surahnya saja tanpa mengetahui ayat berapa yang sedang di baca. Oleh karena itu  sistem Pengenalan Ayat Al-Qur’an diperlukan untuk membantu pengguna mengenali ayat Al-Qur’an. Dalam penelitian ini menggunakan 10 ayat surah Al-Ghaasiyah dengan metode Laplace yang di ukur unjuk kerjanya berdasarkan nilai energy suara. Hasil pengujian pengujian menunjukan bahwa keakuratan system ini adalah efektif dalam pengenalkan ayat Al-Qur’an. Dari hasil pengujian didapatkan sebuah kesimpulan bahwa persentase keberhasilan sistem pengenalan ayat Al-Qur’an Surah Al-Ghaasiyah ayat 1-10 melalui suara menggunakan Transformasi Laplace yaitu mencapai 76,2%, sedangkan persentase rata-rata kesalahan pengenalan ayat mencapai 23,8%. Dan dapat disimpulkan bahwa sistem pengenalan ayat Al-Quran Surah Al-Ghaasiyah menggunakan Metode Laplace tidak mampu mencakup keseluruhannya dalam medeteksi suara latih, disebabkan masih adanya false positive rate (tingkat positif kesalahan) pada proses pengujian.

References


Binyamin Widi Prasetya, et al . 2008. Identifikasi Suara Pria dan Wanita Berdasarkan Frekuensi Suara. Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1, April, 2008. (https://media.neliti.com/media/publications/66311-ID-identifikasi-suara-pria-dan-wanita-berda.pdf, diakses tanggal 18 Febuari 2018).

Karmela Saturnina, Willy Sudiarto, and Antonius Rachmat. 2012. Aplikasi Plater Untuk Menjalankan File Wave Yang Terkompresi Dengan Metode Huffman. Jurnal Informatika, Vol. 6 No. 1 April 2010.

Prativi, Helmy and Yetty Yuniati. 2012.Simulasi Sistem Pengaajan Sinyal Suara Secara Realtime Berbasis Fast Fourier Transform (FFT). Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vol. 6 No. 3. 2012 (https://electrician.unila.ac.id/index.php/ojs/article/download/90/85, di akses pada 19 Febuari 2018).

Titi Yuliastuti and Widowati. 2015. Aplikasi Transformasi Laplace Pada Persamaan Konsentrasi Oksigen Terlarut. (http://eprints.undip.ac.id/39441/1/13.pdf, diakses pada 10 Januari 2018).




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i1.1279

Article Metrics

 Abstract Views : 565 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).