APLIKASI TATA RIAS UNTUK POLA MATA WANITA MENGGUNAKAN METODE PEIRCE SIMILARITY DAN KOHONEN

Eva Darnila, Hafni Hafni

Abstract


Tata rias mata yaitu berfungsi untuk menyempurnakan bentuk mata yang kurang sempurna menjadi bentuk mata yang  ideal atau bentuk mata (sipit, normal dan block)  dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Berbagai tips rias mata yang akan membuat tampilan mata menjadi lebih baik, seperti riasan pada mata sipit yang dapat menjadikan mata terlihat lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenali pola mata wanita untuk tips tata rias dengan pengenalan menggunakan similarity peirce dan kohonen berdasarkan energi yang didapat terhadap orientasi dan frekuensi tertentu. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi 07. Metode penelitiannya diperoleh dari studi literatur berbagai buku dan artikel yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap input citra, resize citra, grayscale, similarity peirce, kohonen, dan tahap terakhir menghitung nilai energi. Hasil  penelitian menyatakan bahwa Tingkat keakuratan pengenalan pola mata dalam penelitian ini sangat ditentukan oleh banyaknya pola tepi objek yang saling berhubungan.


Full Text:

PDF

References


Angelia. 2010. “Perancangan Buku Katalog Candy Land Of Beauty Melalui Pendekatan Fotografi”. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret.

Ahmad Balza, Firdausy Kartika. 2013. “Pengolahan Citra digital”. Yogyakarta : Andi.

Anike, Marleni, dkk. 2012. “Pengembangan Sistem Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Memprediksi Jumlah Dokter Keluarga Menggunakan Backpropagation”. Program Studi Magister Teknik Informatika, Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Darma, Putra. 2010. “Pengolahan Citra digital”. Yogyakarta : Andi.

Hermawati, Fajar Astuti. 2013. “Pengolahan Citra digital”. Yogyakarta : Andi.

Jayaraman, 2011, Digital Image Processing,Tata McGraw-Hill Education, ISBN0070144796, 9780070144798

Kadir, Abdul. 2013. Dasar pengolahan citra dengan Delphi.Yogyakarta : Andi.

Muhajir, Muhammad. 2013. “Sistem Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan MetodeFilter Gabor” Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh.

Permadi, Bimo. 2014. “ Fashion a’la Prancis Rahasia Cantik Dari Prancis” Jakarta: Grasindo

Simon, Efendi, dkk. 2011. “Penerapan Algoritma Jaringan Saraf Tiruan Propagasi Balik Dan Transformasi Hough Untuk Deteksi Lokasi Mata Pada Citra Digital”. Program Studi Teknik Informatika Universitas STMIK GI MDP.

Seung Seok Choi, et al. 2010. “A Survey of Binary Similarity and Distance Measures” Volume 8 No 1 :2010. Department of Computer Science, Pace UniversityNew York, US.

Tresna, Pipin. 2010. “ Tata Rias Wajah Sehari-hari” Program Studi Pendidikan Tata Busana. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.126

Article Metrics

#### view : 87 times
PDF 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).