IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR PENDETEKSIAN JENIS KERUSAKAN SEPEDA MOTOR HONDA MATIC DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Sayed Fachrurrazi

Abstract


Banyak ahli yang berkonsentrasi pada pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).Implementasi AI dalam bidang komputer, salah satunya adalah Sistem Pakar yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian manusia. Sistem pakar (expert system) adalah program konsultasi yang menirukan proses seorang ahli atau pakar dalam memecahkan masalah yang rumit yang menggunakan komputer sebagai alat bantu dan salah satu bahasa pemrograman. Sistem Pakar ini diterapkan untuk dapat mendiagnosa kerusakan sepeda motor yang dapat membantu teknisi dan konsumen dalam mengambil langkah yang cepat untuk perawatan dan perbaikan sepeda motor dimana selama ini untuk melakukan dignosa kerusakan pada komponen-komponen seperti Per CVT, Komponen Transmisi Otomotif, Karbulator Vakum, Combi brake System, V-Belt, CDI, Accu dan Regulator rectifier (Kiprok). Metode serta proses dalam pencarian data dalam sistem pakar ini dilakukan dengan metode Forward Chaining atau penelusuran maju. Setelah sistem pakar ini dirancang dan di implementasikan maka proses penelusuran kerusakan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Dalam menggunakan perangkat lunak yang dibangun, menu-menu dibuat dengan sangat sederhana, sehingga pemakai dapat menggunakannya dengan mudah dan aplikasinya menggunakan web.Dari hasil pengujian yang dilakukan pencarian secara manual diperoleh persentase gejala kerusakan sebesar 60%.


Full Text:

PDF

References


Arhami, M, 2010, Konsep Dasar Sistem Pakar,Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Hoffer, J.A., Prescott M., and Topi H, 2014, Modern Database Management, Pearson Publishers, USA.

Jogianto, H.M. 2014. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Andi.Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri,2013. Artificial Intelligence : Teknik dan Aplikasinya,Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusrini. 2011.Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.124

Article Metrics

 Abstract Views : 1645 times
 PDF Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).