MENGUKUR INDEKS KEAMANAN INFORMASI DENGAN METODE OCTAVE BERSTANDAR ISO 27001 PADA UNIVERSITAS ALMUSLIM-BIREUEN

Zulkifli Zulkifli

Abstract


Bagi sebuah Institusi  Informasi merupakan aset yang maha penting,dan  sangat diperlukan, keamanan dan perlindungan terhadap  informasi merupakan hal yang mutlak yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dan serius. Maka untuk mengantisipasi tingkat keamanan informasi,  kami mencoba  untuk  mencari salah satu cara dalam rangka menggugah para pemakai informasi untuk dapat memperhatikan tingkat keamanan informasi pada sebuah institusi. Metode yang kami gunakan dalam penelitian  ini adalah metode yang berstandar internasional yaitu OCTAVE berbasis ISO 27001. Sistem kerja  yang dilakukan dengan metode ini, dimana  dalam pengukuran tingkat keamanan informasi  dengan  menggunakan 6 variabel yaitu peran dan tingkat kepentingan TIK, tata kelola keamanan informasi, pengelolaan resiko keamanan informasi, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan asset informasi dan teknologi keamanan informasi. Pengujian yang telah kami lakukan menunjukkan hasil  bahwa  tingkat kesiapan Universitas Almuslim dalam hal menjaga keamanan Informasi masih  berada pada kondisi wilayah “Kerangka Kerja Dasar”.


Full Text:

PDF

References


Few, S. 2005. Common PITFALLS in Dashboard Design.Proclarity, 2-4.

Fokuss.2013. Standarisasi Sistem Keamanan Manajemen Informasi. Jakarta.

Gui, A., Gondodiyoto, S. &Timotius,I. 2008. Pengukuran Resiko Teknologi Informasi (TI) Dengan Metode OCTAVE-S. Jurusan Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Bina Nusantara.

Henderi, Rahayu S, &Prasetyo.B.M. 2012.Dashboard Information System Berbasis Key Performance Indicator.Seminar Nasional Informatika : 1-6.

Harahap, R.M. 2011. Information Technology Risk Measurment: Octave-S Method.CommIT. 1: 27-29.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.123

Article Metrics

 Abstract Views : 348 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).