Klasifikasi Kecantikan Wanita Aceh Pada Citra Menggunakan Metode Adaptive Resonance Theory (ART1)

Nurdin Nurdin

Abstract


Penampilan wajah merupakan hal yang sangat diperhatikan bagi kebanyakan orang dan sering diperbincangkan terutama masalah kecantikan . Kecantikan adalah suatu hal yang didambakan setiap wanita. Karena penilaian akan cantik atau tidak cantiknya seseorang sangat relatif terhadap nilai-nilai yang tersepakati pada masyarakat. Pada tugas akhir ini dikembangkan suatu sistem klasifikas kecantikan wanita aceh. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Delphi Xe. Proses klasifikasi kecantikan ini dilakukan dengan menggunakan metode Adaptive Resonance Theory (ART1) yang diawali dengan ekstensi file.bmp. Hasil dari penelitian ini adalah membuat sistem klasifikasi kecantikan wanita aceh dengan tiga pengenalan wajah yaitu “, Sangat Cantik, Cantik, dan Normal”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan sistem dengan presentase rata-rata keberhasilan klasifikasi kecantikan wanita aceh berkisar dari 50% hingga 70%. Tingkat keakuratan klasifikasi kecantkan wanita aceh dalam penelitian ini sangat ditentukan oleh jumlah pelatihan. Semakin tinggi jumlah pelatihan semakin besar pula presentase keakuratan pada sistem ini dalam klasifikasi kecantikan wanita.


Full Text:

PDF

References


Achmad. Dkk. 2013. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Fadlisyah. dkk. 2011. Pemograman Computer Vision Menggunakan Delphi + Vision Lab VCL 4.0.1. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Fadlisyah. 2013. Sistem Pendeteksian Wajah Pada Video Menggunakan Jaringan Adaptive Linear Neuron (ADALINE). Program Magister Teknik Elektro. Universitas Sumatera Utara.

Grossberg, Stephen., 2012. Adaptive Resonance Theory: How A Brain Learns to Consciously Attend,Llearn, and Recognize A Changing World. Boston University. Boston.

Hermawati, Fajar Astuti. 2013. Pengolahan Citra Digital. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hidayat, Zayuman, dkk., 2011. Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Analisis Komponen Utama (Pca) Dan Jaringan Syaraf Tiruan Perambatan-Balik. Universitas Diponogoro. Semarang.

Kadir Abdul. 2013. Dasar Pengolahan Citra Dengan Delphi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Putra Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Wiasti Ni Made. 2010.Redefinisi Kecantikan.Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar. Bali.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.121

Article Metrics

 Abstract Views : 366 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).