PENGEMBANGAN MODEL SISTEM DINAMIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PELANGGAN ENERGI LISTRIK

Mochammad Ari Saptari

Abstract


Dalam setiap negara energi merupakan kebutuhan dasar setiap warganya, terutama energi listrik seolah sudah menjadi nafas kehidupan setiap manusia di belahan dunia manapun, tanpa listrik manusia seolah tidak memiliki kehidupan, tak terkecuali di Indonesia. Sebuah organisasi yang tidak mampu memberikan kualitas layanan sesuai dengan harapan pelanggannya, akan tertinggal dalam persaingan bisnis, alih - alih mendapatkan keuntungan ternyata kerugian yang didapat, karena maraknya pencurian listrik sebagai akibat dari buruknya kualitas layanan. Melalui Sistem Dinamik dengan berbagai perangkat didalamnya berperan untuk memodelkan karakteristik distribusi listrik PLN yang bermuara pada masyarakat sebagai pengguna energi listrik. Metode SERVQUAL (Service Quality) mempertimbangkan faktor - faktor utama dalam hal kepuasan pelanggan yang berdampak signifikan terhadap peningkatan kedisiplinan pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Adipraja, P. F., Suryani, E., & Hendrawan, R. A. (2014). MANAJEMEN ASET JARINGAN DISTRIBUSI ENERGI LISTRIK : SEBUAH PENDEKATAN SISTEM DINAMIK. Jurnal Sistem Informasi, 142.

Barlas, Y. (1994). Model Validation in System Dynamics. 1994 International System Dynamics Conference (p. 8). Instanbul, Turkey: Departement of Industrial Engineering, Bogazici University.

Boedoyo, M. S. (2013). SISTEM KELISTRIKAN DI JAMALI TAHUN 2003 S.D. TAHUN 2020. Perencanaan Kelistrikan dalam Menunjang Pembangunan Nasional yang Berkesinambungan, 39-40.

ESDM, K. (2015, Oktober 21). http://www.esdm.go.id/berita/39-listrik/3977-kurangiketergantungan-pasokan-listrik-sumatera-utarapemerintah-aceh-optimalkan-energi-alternatif-.html.

Retrieved from

http://www.esdm.go.id:

http://www.esdm.go.id/berita/39-listrik/3977-kurangiketergantungan-pasokan-listrik-sumatera-utara-pemerintahaceh-optimalkan-energi-alternatif-.html

Hermanto, B. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (Persero) UPJ AMBUNTEN. Jurnal “PERFORMANCE” Bisnis &

Akuntansi, Volume IV.

PT. PLN Persero. (2012). Statistik PLN 2012. PT. PLN Persero.

Sterman, J. D. (2000). Business Dynamics Systems Thinking

and Modeling for a Complex World. McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.113

Article Metrics

 Abstract Views : 335 times
 PDF Downloaded : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).