Aplikasi Pembelajaran Al-Mufradat Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Android
Abstract
Al-Mufrodat merupakan salah satu unsur dalam bahasa Arab. Setiap kalimat dalam bahasa Arab pasti tersusun dari beberapa al-mufrodat. Dalam pembelajaran bahasa Arab ada beberapa permasalahan yang dihadapi siswa Madrasah Ibtidaiyah diantaranya anak tidak mampu mengikuti pembejaran seperti yang diterapkan dikarenakan media pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan dan biasanya kosakata diperkenalkan dalam bentuk buku-buku dan poster-poster yang dijual. Oleh karena itu dirancanglah aplikasi pembelajaran al-mufradat bahasa Arab menggunakan media visualisasi yang menampilkan teks, gambar dan audio (suara) berbasis android menggunakan metode string matching dengan algoritma brute force di pencarian kosakata dan algoritma fisher-yates shuffle dalam pengacakan soal. Didalam aplikasi ini user dapat mempelajari 7 materi yang sering dijumpai sehari-hari seperti materi angka, anggota tubuh, benda dikelas, buah-buahan, hewan, nama-nama hari dan warna.
Full Text:
PDFReferences
Fitrianti, U., & Ula, M. (2017). Implementasi algoritma levenshtein distance dan algoritma knuth morris pratt pada aplikasi asmaul husna berbasis android. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).
Dinata, R. K., Safwandi, S., Hasdyna, N., & Mahendra, R. Kombinasi Algoritma Brute Force dan Stemming pada Sistem Pencarian Mashdar. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 273-278.
Dinata, R. K., Novriando, H., Hasdyna, N., & Retno, S. (2020). Reduksi Atribut Menggunakan Information Gain untuk Optimasi Cluster Algoritma K-Means. J. Edukasi dan Penelit. Inform, 6(1), 48-53.
Muhammad Ali Al-Khuli. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing
Septian, Hilman dkk. 2017. Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android. Universits Siliwangi, Jurnal Online Informatika ISSN : 2527-9165
Khalida, Laila. 2012. Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang Untuk Anak-Anak Menggunakan Java.
Vidia Pagestika, Galih dkk. 2017. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android. Universitas Telkom, ISSN : 2442-5826
Muhammad Abdul Hamid, dkk., 2008. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Malang: UIN Malang Press.
Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). Analysis Of Public Perceptions Of Future Spatial Planning Decision Model Lhokseumawe City.
Fazriah, Robiatul. 2011. Contoh Proposal MET-LIT
Sarno, Riyanto, dkk. 2012. Semantic Search Pencarian Berdasarkan Konten. Andi Yogyakarta.
Subaeki, Beki., & Dicky Ardiansyah. 2017. Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Universitas Sangga Buana YPKP, UIN Gunung Djati. ISSN : 2548-1932
Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021, April). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1807, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6338
Article Metrics
Abstract Views : 322 timesPDF Downloaded : 96 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mulyadi Mulyadi, Mila Rozana, Azhar Azhar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.