Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan peserta didik untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, Pendidikan memegang peranan penting untuk kelangsungan kehidupan suatu bangsa dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia, Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran harus diperhatikan dan dipahami oleh setiap guru, sehingga guru dapat mengetahui sudah sejauh mana pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan interaktif learning berbasis pembelajaran blended untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang menitik beratkan pada model pembelajaran projek base learning(PjBL). Metode penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu penelitian menggunakan tindakan kelas, penelitian ini dilaksakan dengan 3 unsur yaitu kelas, guru dan siswa yang menjadi titik focus penelitian, penelitian ini bersubjek siswa SMKN 3 Lhokseumawe berjumlah 42 siswa,Tahapan penelitian yaitu Observasi kelas, perencanaan tindakan kelas (tindakan luring dan daring), pengamatan kelas, dan refleksi hasil (Secara Daring). Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning secara daring dan luring yaitu meningkatnya kualitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dengan materi pengolahan kata, angka dan presentasi efektif, dengan data peningkatan dari sebelum menggunakan model pembelajaran ini yaitu rata kelas 49,52 menjadi 83 setelah menggunakan model pembelajaran Project based learning dengan interaktif learning dan nilai rata-rata kelas dari nilai 59,28 menjadi 86,38 setelahanya.
Kata Kunci :Interaktif Learning, Pembelajaran Blended,Project Base Learning(PjBL) Kualitas Siswa
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2013. Riset dan Prilaku Sosial. Bandung: Pustaka Cendikia Utama
Akbar, Purnomo Setyadi. Usman. 2018. Metodelogi Penelitian Social. Jakarta: Bumi Aksara
Baharuddin. 2010. Teoi Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Creswell, John W. 2010. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition.Thousand Oaks: California.
Djamarah.2008.Guru dan Anak Didik.Jakarta: Rineka cipta
Dinata, R. K., Fikry, M., & Tahir, H. (2018). Implementasi Algoritma Multiplicative Congruential Random Number Generator Pada Try-Out Smp (Sekolah Menengah Pertama) Berbasis Client Server. Techsi-Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 129-140.
Dinata, R. K., Fajriana, F., Zulfa, Z., & Hasdyna, N. (2020). Klasifikasi Sekolah Menengah Pertama/Sederajat Wilayah Bireuen Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors Berbasis Web. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 33-37.
Fuad,H Ihsan. 2010. Dasar-dasarKependidikan . Jakarta: Rineka Cipta
Jocye, Bruce R. 2009. Model Of Teaching. Malang: Katalog Perpustakaan Universitas Negeri Malang
Hamalik, Omar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara
Margiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Rineka cipta
Miarso. 2011.Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada
Purwanto.Bloom. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung Remaja Rosdiakarya
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengaja. Jakarta: Raja Grafindo
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdiakarya
Sanjaya. 2010. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.Jakarta: Pernada Media
Rustam, dkk. 2010.Media Pembelajaran.Surakarta: Yuma Pustaka
Suryabrata, Sumandi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung Remaja Rosdakarya
Trygg, Baker.E, Otto P Tudor. 2011.Projext Based Learning Model.Chicago: The 21st Century Publisher
Wena, Made. 2009. Statergi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta :Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.4857
Article Metrics
Abstract Views : 800 timesPDF Downloaded : 448 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Zahratul Fitri, Muhammad Zulfat Akbar, Mutammimul Ula
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.