Analisis Kemacetan Lalu–Lintas Pada Jam Antar Dan Jemput Sekolah Di Kawasan Pendidikan (Studi Kasus: Jalan Samudera Kota Lhokseumawe)

Rozi Irmawandi, M Fauzan, Emi Maulani, Liza Afra, Yuslinda Yuslinda

Abstract


Kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang biasa terjadi pada jam-jam antar dan jemput anak sekolah. Jumlah mobil yang berlebihan, infrastruktur jalan yang buruk, dan manajemen lalu lintas yang tidak memadai juga dapat berkontribusi pada keadaan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kemacetan lalu–lintas pada jam antar dan jemput sekolah di kawasan pendidikan. Sasaran atau lokasi penelitian pada Jalan Samudera Kota Lhokseumawe pada kawasan pendidikan. Volume lalu lintas pada jam antar jemput anak sekolah hasil yaitu jam puncak pada hari Senin pukul 07.00–08.00 dan pukul 13.00-14.00 WIB pada jalan Samudera dengan nilai sebesar 1.084 dan 1.415 skr/jam. Hasil analisa yang diperoleh bahwa kemacetan disebabkan karena adanya pedagang dibahu jalan dengan hambatan samping memiliki nilai tinggi yaitu pada jam 13.00-14.00 hasil total sebesar 550 dengan hambatan samping tinggi (H). Kinerja kemacetan dikawasan pendidikan pada derajat kejenuhan pada hari Senin pukul 07.00–08.00 dan pukul 13.00-14.00 WIB pada jam puncak derajat kejenuhan jalan Samudera dengan nilai sebesar 0,55 dan 0,72. Kemacetan lalu-lintas pada jam puncak antar dan jemput sekolah diperoleh hasil tinggi, pada jam tertentu pengalihan arus lalu lintas dimana kendaraan biasanya melalui 2 lajur dialihkan menjadi 1 jalur lalu lintas pada jam puncak antar jemput sekolah.


Full Text:

PDF

References


Cahya, J. A., Sefrus, T., & Pujiastutie, E. T. (2023). Analisis Dampak Aktivitas Sekolah Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Sekolah di Jalan Cendana—Jalan Jati Kota Bengkulu). Prosiding Seminar Nasional …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/19397%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/19397/9462

Cindy, N. (2016). Analisa dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol - Jalan Sisingamangaraja). Jrsdd, 4(ISSN:2303-0011), 153–162.

Haryati, S., & Najid, N. (2021). Analisis Kapasitas Dan Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), 95. https://doi.org/10.24912/jmts.v0i0.10460

Lubis, Y. A. (2016). Analisis Biaya Kemacetan Kendaraan Di Jalan Setiabudi (Studi Kasus Depan Sekolah Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah) (YPSA). Jurnal warta, 224, 1–16.

Meutia, S., Saleh, S. M., & Azmeri. (2017). Analisis Kemacetan Lalu–Lintas Pada Kawasan Pendidikan (Studi Kaus Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh). Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 1(1), 243–250. https://jurnal.usk.ac.id/JTS/article/view/9899

Putri, O. K., & Herison, A. (2018). Analisis kemacetan lalu lintas di suatu wilayah (studi kasus di jalan teuku umar, bandar lampung). Teknik Sipil, Universitas Lampung, 1, 134–140.

Rahman, R. (2010). Analisa Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus: Studi Kemacetan di Jalan Ngagel Madya Surabaya). SMARTek, 8(4), 317–332.

Raudah, Z. N., Kushartomo, W., & Najid, N. (2021). Analisis Kapasitas Dan Kecepatan Arus Bebas Berdasarkan Mkji Di Ruas Jalan Gatot Subroto. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), 129. https://doi.org/10.24912/jmts.v0i0.10458

Ristiandi, B., Suyono, R. S., & Sutarto, Y. M. (2018). Analisis Dampak Aktivitas Sekolah terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Yayasan Pendidikan Kalimantan SD – SMP – SMA Katolik Santu Petrus Jalan Karel Satsuit Tubun No. 3 Pontianak). JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 5(2), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/27550




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v8i2.20776

Article Metrics

 Abstract Views : 22 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rozi Irmawandi, M Fauzan, Emi Maulani, Liza Afra, Yuslinda Yuslinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.