Analisis Model Profile Matching dalam Evaluasi Materi Pendidikan Kewarganegaraan

Arief Rahman, Irma Yurni

Abstract


Evaluasi kinerja evaluasi materi pendidikan dan kewarganegaraan merupakan aspek penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengembangkan model sistem pendukung keputusan untuk mengevaluasi kinerja pembelajaran materi perkuliahan dalam pemberian materi dengan menggunakan metode profile matching. Model ini memungkinkan analisis kesesuaian antara profil kinerja guru dengan standar ideal yang telah ditetapkan. Dengan mengintegrasikan berbagai indikator seperti pemahaman materi, metode pengajaran, interaksi dengan mahasiswa, dan penggunaan teknologi model decision, model ini membantu manajemen sekolah dalam pengambilan keputusan yang objektif. Dengan memanfaatkan model teknologi informasi dan sistem pendukung keputusan, lembaga pendidikan dapat mengoptimalkan proses evaluasi dan pemilihan materi pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini melihat kriteria pemahaman materi memiliki kesenjangan terkecil. Hasil pemeringkatan menunjukkan bahwa metode profile matching efektif dalam memberikan evaluasi yang akurat, objektif, dan transparan. Sistem ini diharapkan dapat membantu manajemen dalam memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh melalui pengelolaan kinerja guru yang lebih baik


Full Text:

PDF

References


Febryanti, A., Darmawan, I., & Andreswari, R. (2016). Pembobotan kriteria sistem pendukung keputusan pemilihan bidang peminatan menggunakan metode analytic hierarchy process studi kasus: program studi sistem informasi universitas telkom. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (Jrsi), 3(04), 7. https://doi.org/10.25124/jrsi.v3i04.272

Kurnia, E., Setiadi, D., & Handayani, B. (2022). Analysis of blended learning effectiveness at senior high school during covid-19 pandemic. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 260-264. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3121

Pattaufi, P., Aswan, D., & Hakim, A. (2023). The development of teaching material for blended learning: a strategy to improve students’ creativity and innovation in the 21st century. Journal of Educational Science and Technology (EST), 9(1), 19. https://doi.org/10.26858/est.v9i1.37916

Gustiana, Z. and Sari, A. N. (2021). Sistem pendukung keputusan penentuan kelulusan mahasiswa menggunakan kombinasi algoritma c 4.5 dan profile matching. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 6(2), 61-70. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v6i2.84

Wahyudi, A. (2016). Sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan staff administrasi menggunakan metode profile matching. Jurnal Teknoinfo, 10(2), 44. https://doi.org/10.33365/jti.v10i2.13

Sapulette, M. S. (2021). Eksplorasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring mahasiswa ppkn pada era new normal. Syntax Idea, 3(3), 567-578. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i3.1089

Andriani, N. M., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2023). Pembelajaran berbasis phenomenon based learning untuk mengatasi fenomena learning loss siswa sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 488-502. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57502

Nissa, S. F. and Haryanto, A. (2020). Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840

Rahman, A. (2023). Obstacles to the process of sexual violence law enforcement in Aceh Utara. International journal of educational review, law and social sciences, 3(2), 442-448.

Rahmat, A. (2020). Penerapan model evaluasi kirkpatrick pada pelatihan dasar cpns calon hakim ma pada mata pelatihan aneka di balai diklat keagamaan jakarta. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(2), 22-29. https://doi.org/10.53800/wawasan.v1i2.34

R. Fajri and T. Johan, “implementation of double exponential smoothing forecasts on the case of children in the center of integrated service of women empowerment and children”, JurnalEcotipe, vol. 4, no. 2, pp. 6-13, Oct. 2017.

Ilhadi, V., Ardiansyah, D., & Muthmainnah, M. (2022). Aplikasi Reminder Jadwal Kegiatan Berbasis Mobile. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(1), 78-85.

Fajri, R., Zulkifli, Z., & Aflizar, A. (2022). Sistem Informasi Kependudukan Gampong Pante Pisang Kecamatan Peusangan. Jurnal Tika, 7(3), 274–281. https://doi.org/10.51179/tika.v7i3.1577

Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). Penerapan model evaluasi kirkpatrick empat level dalam mengevaluasi program diklat di balai besar pelatihan pertanian (bbpp) lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p12-21

Sahputra, I., Irwansyah, D., Angelina, D., & Zohra, S. F. A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Media Digital untuk Medukung Peningkatan Pemasaran Produk UKM di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 197-205.

Darma Gusti, Elvinawati, E., & Ginting, S. M. (2023). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran kimia berbasis game menggunakan aplikasi quizizz pada materi tata nama senyawa kimia. Alotrop, 7(1), 65-73. https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28198

Fauzi, M. F., Fatoni, A., & Anindiati, I. (2020). Pelatihan peningkatan kualitas evaluasi pembelajaran bahasa arab berbasis information dan communication technology (ict) untuk pengajar bahasa arab. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 173. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5620

Fitri, Z., Zulkifli, Z., Ula, M., & Suhendra, B. (2022). Analysis of the Teacher's Role in Evaluation of Student Learning Performance Using the TOPSIS Model (Case Study of Smk Negeri 1 Lhokseumawe). Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering, 5(2), 452-462.

Zulkifli, Z., Rahman, A., Martina, M., Mumtiza, R., & Risma, M. (2022). Social construction of law enforcement for sexual violence against women in Aceh Utara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 224-234.

Rahman, A., Meiyanti, R., Malasyi, S., Maryana, M., Muhammad, M., & Pratama, A. (2023). PKM Peningkatan Kesadaran Etika Dalam Penggunaan Media Sosial Kalangan Santri Dayah Nurul Iman di Gampong Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(2), 488-495.

Haris, I. (2021). Konsep dasar evaluasi pembelajaran matematika.. https://doi.org/10.31219/osf.io/923ks

Saesaputri, S. M., Fuad, N., & Zulaikha, S. (2024). Evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) sekolah penggerak di sma negeri 6 bekasi. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(1), 794-799. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i1.131




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v8i2.20596

Article Metrics

 Abstract Views : 15 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arief Rahman, Irma Yurni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.