Aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kota Lhokseumawe

Nur Alfi Purba, Mutammimul Ula

Abstract


Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website pada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Lhokseumawe merupakan upaya untuk memenuhi persyaratan akademik Program Studi Sistem Informasi di Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi efektif dalam penanganan pengaduan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi, dan respons yang baik terhadap pelayanan publik. Metode implementasi sistem melibatkan analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, implementasi, uji coba, dan evaluasi. Aplikasi ini dirancang dengan antarmuka berbasis web agar dapat diakses secara mudah oleh masyarakat melalui berbagai perangkat, termasuk komputer dan perangkat seluler. Responsivitas an tarmuka memastikan akses yang optimal, sementara fitur pelaporan pengaduan secara online memberikan kemudahan bagi masyarakat. Implementasi aplikasi ini di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Lhokseumawe diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam penanganan pengaduan masyarakat, mengurangi waktu respon, dan meningkatkan kepuasan publik. Evaluasi dilakukan melalui pengumpulan umpan balik dari pengguna serta pemantauan terhadap dampak positif yang dihasilkan oleh sistem ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi ini berhasil menciptakan web yang efektif dalam meningkatkan pelayanan publik. Diharapkan sistem ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas layanan publik di Kota Lhokseumawe, mempercepat penanganan pengaduan, dan memperkuat keterlibatan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Lhokseumawe.


Full Text:

PDF

References


Antonio, H., & Safriadi, N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika ( SI-ADIF ). 4(2), 12–15.

Febri Kuncoro, D., Juniarti, U., Syahputra, J., Bagus, R., Sumantri, B., & Suryani, R. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 3(2), 14–19. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/1259

Kadarsih, K., & Andrianto, S. (2022). Membangun Website SMA PGRI Gunung Raya Ranau Menggunakan PHP dan MYSQL. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 03(2), 37–44.

Purnama, I. (2019). Sistem Informasi Kursus IBAY Komputer Berbasis Web dan Mobile Android. Riau Journal of Computer Science, 05(01), 23–31.

Soelistyarini, T. D. (2013). Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Universitas Airlangga, 1–6. https://www.academia.edu/7304163/Pedoman_Penyusunan_Tinjauan_Pustaka_dalam_Penelitian_dan_Penulisan_Ilmiah

Suhartanto, M. (2013). Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL. Journal Speed-Sentra Penelitian Enginerring Dan Edukasi, 4(1), 1–8.

Wewang, A. Z. A. (2019). Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web Wisma Zairah Makassar. 6–12. http://eprints.akakom.ac.id/8534/

Wijayanti, T., Nugraha, F., & Utomo, A. P. (2022). Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.51519/journalcisa.v3i1.141


Article Metrics

 Abstract Views : 24 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Alfi Purba1, Mutammimul Ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.