Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Keperluan Data Daerah Dalam Angka Di Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe

Cindy Anindia Putri, Ilham Sahputra, Razif Razif

Abstract


Pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran data statistik di Indonesia dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Di tingkat kabupaten/kota terdapat Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe memiliki peran penting dalam menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan pembangunan sektoral maupun lintas sektoral. Kegiatan pendataan ini pada umumnya dilakukan dengan cara manual tanpa menggunakan sistem terkomputerisasi. Hal ini akan menjadi sebuah masalah saat dimana organisasi tumbuh besar dengan anggota dalam jumlah semakin banyak. Sama halnya yang terjadi dalam pengumpulan Data Daerah Dalam Data (DDA) pada Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe yang masih dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu instansi/dinas/PT sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar. Untuk itu perlu untuk meluncurkan sebuah situs web khusus yang menyediakan wadah untuk mengelola dan mengumpulkan data daerah dalam angka secara mudah dan cepat. Pembentukan website dengan memanfaatkan analisis menggunakan diagram dan bahasa pemograman PHP dan HTML diharapkan dapat memudahkan Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe dalam mengolah data daerah dalam angka dinas/lembaga/instansi. Hasil dari laporan ini menunjukan keberhasilan dalam membangun sebuah website untuk keperluan data daerah dalam angka dengan memiliki fitur fitur yang memudahkan dalam pengumpulan data serta tersedia fitur umpan balik agar bisa memberikan perbaikan untuk website. Dan hasil pengujian menggunakan black box testing menunjukkan bahwa semua fungsi berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


A. Jusmiana, “Sekapur Sirih Tentang Statistik,” Biometrika, vol. 41, no. 1/2, p. 283, 2020, doi: 10.2307/2333033.

B. P. Statistik, PEDOMAN PENYUSUNAN PUBLIKASI DAERAH DALAM ANGKA (DDA), no. 1. 2022.

Ardian, Z., & Tombeng, M. T. (2020). Penerapan Teknologi Internet of Things sebagai Sistem Monitoring pada Media Tanaman Menggunakan Cloud Terintegrasi dan Smartphone. Journal Of Informatics And Computer Science, 6(1), 23-25.

Ardian, Z., & Rahmayani, S. (2021). Perancangan Dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Masjid Oman Al-Makmur Berbasis Web Dan Android. Journal Of Informatics And Computer Science, 7(1), 1-9.

Armia, A., & Ardian, Z. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal Of Informatics And Computer Science, 7(1), 10-16

M. P. Damanik and E. H. Purwaningsih, “E-Government Dan Aplikasinya Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kualitas Informasi Website Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau),” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 21, no. 2, p. 151, 2017, doi: 10.31445/jskm.2017.210202.

O. Fenardi and F. S. Lee, “Aplikasi Akademik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming Pada SMAN1 Belinyu,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 440–447, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.843.

Darussalam and G. Arief, “Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Android Sebagai Media Informasi Akademik Siswa SMK PKP 2 Jakarta Forkas,” Resti, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2018.

Utami, R. A., Fitria, R., Meiyanti, R., Ikhwani, M., & Ardian, Z. (2022). Web-Based of The Regency Apparatus Work Unit Application at the Communications, Informatics, and Encryption Service of Bireuen Regency in Aceh Province. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 2(4), 162-171.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v8i1.18151

Article Metrics

 Abstract Views : 29 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindy Anindia Putri, Ilham Sahputra, Razif Razif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.