Sistem Monitoring Air Pada Kolam Budidaya Ikan Lele Berbasis Internet Of Things

Ayu Irhamna, Angga Pratama, Rizky Putra Fhonna, Mutammimul Ula

Abstract


Lele pelihara oleh pembudidaya mulai dari pembibitan hingga ikan siap untuk dipanen. Banyak dari pembudidaya lele seringkali tidak tahu bagaimana keadaan sirkulasi air di kolam. Penggunaan air kolam yang tidak terkendali tanpa instrumen pengukur dan waktu yang terbatas untuk memantau kondisi air kerap menyebabkan ikan lele stres atau mati sehingga produksi panen lele berkurang bahkan rugi. Beberapa parameter kualitas air dalam membudidaya lele adalah keasaman (pH), ketinggian air, suhu dan kekeruhan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem monitoring air pada kolam ikan lele berbasis Internet of Things (IoT) agar dapat dilakukan monitoring secara real-time. Penelitian dilakukan dalam dua fase: desain dan pengujian perangkat keras serta desain dan pengujian perangkat lunak platform IoT. Untuk setiap sensor yang diuji, didapatkan hasil uji kesesuaian sensor dengan nilai kesalahan kurang dari 2%. Proses pengambilan data dilakukan di dalam ember yang berisikan ikan lele selama 12 jam sehari dan dilakukan dalam 3 hari. Dari hasil monitoring yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas air pada ember yang berisi ikan lele sudah berada pada ambang batas normal. Yang mana didapatkan nilai rata-rata dari tiap parameter yang diukur yaitu, nilai rata-rata Ph adalah sebesar 7,91, untuk nilai suhu adalah 29,05C, untuk nilai ketinggian air adalah 44cm dan kekeruhan sebesar 400 NTU.


Full Text:

PDF

References


Arsanto, Arief Tri, and Seldy Febrianto. 2021. “Sistem Control Dan Monitoring Deteksi Tinggi Rendah Air Pada Kolam Ikan Lele Menggunakan Arduino Di Bhakti Alam Pasuruan.” Sistem Control Dan Monitoring Deteksi Tinggi Rendah Air Pada Kolam Ikan Lele Menggunakan Arduino Di Bhakti Alam Pasuruan 5(36): 68–73.

Asmara, Putra, and Riyan Kharisma. 2020. “Rancang Bangun Alat Monitoring Dan Penanganan Kualitas Ait Pada Akuarium Ikan Hias Berbasis Internet Of Things (IOT).” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC 7(2): 69–74.

Imaduddin, Ghulam, and Andi Saprizal. 2019. “Otomatisasi Monitoring Dan Pengaturan Keasaman Larutan Dan Suhu Air Kolam Ikan Pada Pembenihan Ikan Lele.” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer 7(2): 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/1064.

Nevita, Ary Permatadeny et al. 2022. “Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air Sistem Timer Control Untuk Menjaga Kestabilan PH Air Kolam Ikan Lele.” 3(2): 867–71.

Pratama, Angga, Sayed Fachrurrazi, and Mutammimul Ula. 2021. “Perancangan Dan Aplikasi Model Sistem Informasi Sekolah.” Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi 5(1): 27–33.

Putrawan, I Gede Hery, Pratolo Rahardjo, and I G A Putu Raka Agung. 2019. “Sistem Monitoring Tingkat Kekeruhan Air Dan Pemberi Pakan Otomatis Pada Kolam Budidaya Ikan Koi Berbasis NodeMCU.” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro 19(1): 1.

Ulva, Ananda Faridhatul, Nurdin, Rizky Putra Fhonna, and Desvina Yulisda. 2023. “Aplikasi IoT Pemantauan Detak Jantung Pasien Lansia Beresiko Tinggi Di RSCM Cut Mutia Lhokseumawe Berbasis Mobile.” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan 7(1): 237–46.

Vinola, Fenny, and Abdul Rakhman. 2020. “Sistem Monitoring Dan Controlling Suhu Ruangan Berbasis Internet of Things.” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer 9(Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Teknik Elektro dan Komputer): 117–26. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/29698/29220.

Wibowo, Silvia, Pathul Arifin, Deddy Dharmaji, and Mahasiswa Fakultas. 2020. “Analisis Kualitas Air Kolam Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang ( Clarias Gariepinus Burchell ) Di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Perikanan Budidaya Air Payau Dan Laut Karang Intan Kalimantan Selatan.” Aquatic 3(2): 1–119.

Yusa, Mochammad, Joko Dwi Santoso, and Andi Sanjaya. 2021. “Implementasi Dan Perancangan Pengukur Tinggi Badan Menggunakan Sensor Ultrasonik.” Pseudocode 8(1): 90–97.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v8i1.18089

Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Irhamna, Angga Pratama, Rizky Putra Fhonna, Mutammimul Ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.