ANALISIS KORELASI PEARSON ANTARA PEMASANGAN ODP DENGAN SALES MENGGUNAKAN BAHASA R
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis korelasi antara pemasangan Optical Distribution Point (ODP) dengan peningkatan penjualan (Sales) menggunakan bahasa pemrograman R di PT Telekomunikasi Lhoksemawe di wilayah Langsa. ODP dalam korelasi salah satu dari infrastruktur yang penting dalam penyediaan layanan telekomunikasi dan dapat mempengaruhi kinerja penjualan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini melibatkan pengolahan data statistik dengan mengguanakn paket dan fungsi dalam bahasa R. Permasalahan hasil penelitian ini terdapat dari tiga faktor yang dianalisis didapatkan bahwa nilai rugi-rugi sambungan tidak permanen (konektor) masih di bawah standar yang ditetapkan. Namun di antara ketiga faktor yang telah dianalisis, faktor ketidaksesuaian ukuran inti dan ketidaksesuaian Apertur Numerik memberikan pengaruh yang lebih besar untuk nilai rugi-rugi sambungan tidak permanen konektor). Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara jumlah pemasangan ODP dengan peningkatan penjualan PT Telkomunikasi Lhoksemawe di wilayah Langsa menggunakan Bahasa R. Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi perusahaan telekomunikasi untuk mengoptimalkan strategi pemasangan infrastruktur (ODP) guna mendukung pertumbuhan bisnis dan meningkatkan layanan kepada pelanggan. Selain itu, hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja penjualan di industri telekomunikasi.
Full Text:
PDFReferences
Budiman, A., Wahyuni, L. S., & Bantun, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan
Hidayanti, A. A., Prathama, B. D., & Wardah, S. (2021). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Kualitas Produk, Pelayanan, Lokasi Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pada Pelanggan Rumah Nutrisi Herbalife Mataram. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), 185-198.
Hsb, M. A. H. R., & Harera, A. (2013). Modernisasi Jaringan Akses Tembaga dengan Fiber Optik ke Pelanggan. Jurnal USU Singuda Ensikom, 1(1).
Muhammad, I. T. (2022). Analisis Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pemerataan Infrastruktur Jaringan Fiber Optic Oleh PT Telkom Akses Kediri Di Kabupaten Nganjuk.
Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97-103
Rifai, M. F., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Usee Tv (Tv Kabel Berlangganan) Merek Indihome Sto Tegalega Bandung Tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).
Tarigan, D. P., Wantoro, A., & Setiawansyah. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Mobil Dengan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus: Pt Clipan Finance). TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1)
Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 24–30.
Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran kualitas layanan sistem informasi akademik menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Informatika UPGRIS, 1(2 Desember).
Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran kualitas layanan sistem informasi akademik menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Informatika UPGRIS, 1(2 Desember).
Sutrisno, D., & Retnawati, H. (2018). Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Siswa MAN 3 Yogyakarta. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 17-22.
Retnoningsih, E., & Pramudita, R. (2020). Mengenal Machine Learning Dengan Teknik Supervised Dan Unsupervised Learning Menggunakan Python. Bina Insani Ict Journal, 7(2), 156-165.
Sari, D. I. (2021). Implementasi Manajemen Proyek Cpm Pada Pembangunan Infrastuktur It Optical Distribution Point. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 7(3), 267-274.
Rahman, A. A., Salmon, S., & Aditya, P. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Odp (Optic Distribution Point) Untuk Cv. Rahman Bersaudara Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique) Berbasis Web. Jurnal Informatika Wicida, 11(1), 28-33.
Pratama, J. A., Suprijadi, Y., & Zulhanif, Z. (2017). The Analisis Sentimen Sosial Media Twitter Dengan Algoritma Machine Learning Menggunakan Software R. Jurnal Fourier, 6(2), 85-89.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v7i2.13946
Article Metrics
Abstract Views : 282 timesPDF Downloaded : 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Angga Pratama, Ilham Sahputra, Deviyan Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.