Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Jenis Merek Cat Terbaik Dengan Metode Topsis
Abstract
Cat memerankan peranan sangat penting pada bangunan, baik rumah, kios, cafe, gedung sekolah dan juga bangunan kantor. Oleh karena itu, cat telah menjadi kebutuhan pokok, baik untuk renovasi maupun untuk membangun bangunan baru, sehingga pasar cat merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan keuntungan besar. Ada bebera jenis cat yang diproduksi oleh PT. ABC yaitu Innolux Super White, Innobright Super White, Wall Sealer Plus, Innoseal 89 Super White, dan lain-lain. Pada penelitian ini memilih beberapa konsumen dan pada pemilihan jenis merk cat terbaik ini saya menggunakan metode Technique For Other Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) metode tersebut ialah metode pengambilan keputusan atau perbandingan untuk memilih suatu keputusan. Hasil penelitian Alternatif A1, Bobot Preferensi0,4267, Perangkingan, 7, Alternatif A2, Bobot Preferensi0,4160, Perangkingan 8, Alternatif A3 Bobot Preferensi, 0,4430, Perangkingan 6, Alternatif A4, Bobot Preferensi, 0,5300, Perangkingan 4, Alternatif A5, Bobot Preferensi 0,9162, Perangkingan 1, Alternatif A7 Bobot Preferensi0,695, Perangkingan 2, Alternatif A10, Bobot Preferensi0,4090, Perangkingan 9. Adapun setelah melakukan perhitungan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dapat kita ketahui yang mana merek cat terbaik atau yang paling baik dari 10 jenis merek cat. Merek cat terbaik atau paling baik adalah merek cat Innocoat dengan hasil nilai ialah 0,9162, dan merek cat ke 2 terbaik atau paling baik adalah Innobright dengan nilai 0,6950.
Full Text:
PDFReferences
Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).
Geni, B. Y., & Santony, J. (2019). Prediksi Pendapatan Terbesar Pada Penjualan Produk Cat Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 15-20.
Ginting, H. B. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Nippon Paint. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2274-2287.
Rani, S. R., Lubis, R. R., & Windarto, A. P. (2018). Analisis Metode Profile Matching Pada Rekomendasi Cat Dinding Rumah Berdasarkan Konsumen: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi, 17(2), 145-150.
Octaviana, M., & Siang, J. J. (2015). Implementasi Analytical Hierarchy Process (Ahp) Untuk Pemilihan Dan Penghitungan Volume Cat Tembok Berbasis Web Studi Kasus: Toko Besi Moro Seneng Yogyakarta. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi Dan Sains, 7(2).
Yosep, L. (2013). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Cat Merek Mowilek Di Jakarta. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(3), 155878.
Yusman, Y., & Haryati, (2018) S. Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Cat Terlaris Pada Toko Plaza Bangunan Asoka.
Rini, E. S. (2009). Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential Marketing. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 15-20.
Purwanti, E. (2012). Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Departement Store/Supermarket Di Salatiga. Among Makarti, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v7i1.12523
Article Metrics
Abstract Views : 190 timesPDF Downloaded : 107 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syukriah Syukriah, Livia Nurul Vika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.