GAMBARAN KEBUTUHAN PENYULUHAN YANG DIPERLUKAN OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK BINA BHAKTI CILACAP

Lusi Ani

Abstract


Guru mempunyai peran yang penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran, dalam mendukung hal tersebut maka guru perlu memiliki kompetensi yang cukup baik kompetensi pedagogik maupun kompetensi professional. Peningkatan kompetensi yang harus dimiliki guru tersebut dapat didukung melalui kegiatan penyuluhan terkait pembelajaran, sehingga penulis tertarik memberikan gambaran kebutuhan penyuluhan yang diperlukan oleh Guru dalam pembelajaran di SMK Bina Bhakti Cilacap. Metode yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif serta kuantitatif.  Lokasi kajian yakni di SMK Bina Bhakti Cilacap secara offline dengan subjek Guru pada sekolah tersebut. Disimpulkan yakni kebutuhan penyuluhan terkait pembelajaran yang diperlukan oleh Guru di SMK Bina Bhakti adalah strategi pembelajaran aktif, menarik, efektif untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik.

Keywords


guru, pembelajaran, penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Amanah, Siti. 2007. “Makna Penyuluhan Dan Transformasi Perilaku Manusia.” Jurnal Penyuluhan 3(1):63–67.

Chotimah, Umi, Emil Faisal El, Sulkipani Sulkipani, and Mariyani Mariyani. 2021. “Penyuluhan Dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):26–31.

Dhika, Harry, and Fitriana Destiawati. 2023. “Penyuluhan Wondershare EdrawMax Dalam Membuat Mind Map Pembelajaran.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):161–67. doi: 10.52072/abdine.v3i2.640.

Evayenny, Evayenny, Nanda Lega Jaya Putra, and Syamzah Ayuningrum. 2021. “Penyuluhan Metode Pembelajaran Matematika Menyenangkan Di SD Negeri 01 Karet Kuningan.” Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):14–19. doi: 10.37478/abdika.v1i1.931.

Floren, M. Reyhan. 2016. “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Tulungagung.” PENA SD (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar) 2(1):9–22.

Ismail, Raoda, and Okky Riswandha Imawan. 2021. “MENINGKATKAN PENGUASAAN TPACK GURU DI PAPUA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5(1):277–88.

Isnaini, Heri, and Yulia Herliani. 2020. “Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter Di Smk Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):78–83. doi: 10.31004/cdj.v1i2.707.

Jauhar, Sitti. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 2(1):141. doi: 10.26858/jkp.v1i2.5285.

Jumadi, Jumadi, Faradina Faradina, and Lita Luthfiyanti. 2021. “Penyuluhan Pembelajaran Literasi Kritis Bagi Guru SMPN Di Kota Banjarmasin.” Journal Of Human And Education (JAHE) 1(2):42–51. doi: 10.31004/jh.v1i2.27.

Munfadlila, Asef Wildan, Moh Zainudin, and Lasiyati Yuswo Yani. 2022. “Penyuluhan Tentang Penyusunan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru.” Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):69–75. doi: 10.52266/taroa.v1i2.900.

Nuraeni, Lenny, Dedah Jumiatin, and Sharina Westhisi, Munggaraning. 2022. “Penyuluhan Model Pembelajaran Inovatif Paud Holistik Integratif Melalui Aplikasi Canva Untuk Guru Paud.” Abdimas Siliwangi 5(1):191–200.

Purba, Ridwin, Asnewastri Asnewastri, Ahmad Fakhri Hutauruk, Andres M. Ginting, and Resmi Resmi. 2021. “PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU-GURU ANGGOTA KN-LWF.” Communnity Development Journal 2(2):359–68.

Rismiyati, R., S. Suhartono, Aris Puji W, Edy Suharto, and Khadijah Khadijah. 2020. “Pelatihan Computational Thinking Untuk Guru-Guru Di SD Negeri Tembalang.” Seminar Nasional … 185–88.

Rohani, Putri, Salma, and Yulda Dina Septiana. 2021. “Model Pembelajaran Problem Solving.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(2):8–19.

Shamdas, Gamar BN, Mursito Bialangi, Mursito Bialangi, Amalia Buntu, and Amalia Buntu. 2022. “Penyuluhan Dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study Pada Guru SMP Di Palu.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):86. doi: 10.20527/btjpm.v4i1.4659.

Syofyan, Harlinda. 2016. “Penyuluhan Dan Pelatihan Pendidikan Tentang Pembuatan Kisi-Kisi Soal Untuk Guru-Guru d Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Semplak Bogor.” Jurnal Abdimas 3(1):12–17.

Thoharudin, Munawar, Fatkhan Amirul Huda, and Tedi Suryadi. 2020. “Meningkatkan Semangat Menulis Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu.” ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):70–75. doi: 10.24071/aa.v3i2.3208.

Widiyarto, S. 2023. “Penyuluhan Metode Paikem Bahasa Inggris Pada Guru Tk Islam Ruhama Kota Bekasi.” Community Development Journal … 4(1):258–62.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.16487

Article Metrics

 Abstract Views : 102 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lusi Ani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter