PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MAS DARUL FALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan usaha dan energi di kelas X MAS Darul Falah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent control group design, pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Data dianalisis menggunakan Software SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisis peningkatan pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 77,50 dan kelas kontrol sebesar 66,00. Berdasarkan uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.000<0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan usaha dan energi di kelas X MAS Darul Falah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Junal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A), 47–58.
Febriyanto, B., Haryanti, D. Y., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.
Hidayah, E. N. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 271–284.
Maulaya, F. H. A., Aziz, A., & Noviantoro, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4294–4305.
Muliani, M., Faradhilla, F., & Maya, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Sma Negeri Unggul Subulussalam. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 59–67.
Nagara, B. O., Qodariah, L., & Jumardi, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. Jurnal Pattingalloang, 7(1), 58–67.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40.
Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Prenadamedia Group.
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39–46.
Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tati, A. D. R., Atjo, S. E. P., & Ashar, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran IPA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 302–308.
Zahara, S. R., Muliani, M., & Rizaldi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran PBL Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(1), 15–23.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.9952
Article Metrics
Abstract Views : 271 timesPDF Downloaded : 55 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Safrijal Safrijal
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |