PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X MAS DARUL ULUM

Nuraini Fatmi, Ainul Mardhiah, Nanda Novita

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab  apakah ada pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa  pada materi gerak lurus di kelas X MAS Darul Ulum. Penelitian  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Darul Ulum. Adapun pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas Xc sebagai kelas eksperimen dan Xd sebagai kelas control.  Untuk mendapatkan data hasil penelitian  digunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal uraian sebanyak 10 butir. Pengolahan data hasil rata-rata pretes kontrol diperoleh 24,57 dan rata-rata pretest eksperimen diperoleh 25,7. Untuk hasil rata-rata postest kontrol diperoleh 59,86 sedangkan rata-rata postest eksperimen diperoleh 85,15. Uji hipotesis independent sample t-test menggunakan aplikasi SPSS  dengan perolehan nilai signifikan post tes sebesar 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil daripada 0,05 (0,00 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.


Keywords


LAPS-Heuristik, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Azwardi, G, Rani, S. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Mathematics Education Journal 2(2), 62-68.

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej

Gunawan, R.P 2013. Berbagi Ilmu Itu Indah. Model Pembelajaran LAPS Heuristic, http://proposal matematika 23. blogspot.co.id/2013/05/modelpembelajaran-laps-heuristic.html

Mawaddah, S dan Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) di SMP. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Nuansyah, dkk. 2019. Efektifitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal pendidikan matematika RAFA, 5(2) 162-172.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmarafa

Purba dan yusnadi. 2015. Filsafat Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siti Maryam. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Fluida Dinamis. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Surabaya:Kencana.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7387

Article Metrics

 Abstract Views : 416 times
 PDF Downloaded : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuraini Fatmi, Ainul Mardhiah, Nanda Novita

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter