PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X MAS DARUL ULUM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah ada pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak lurus di kelas X MAS Darul Ulum. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Darul Ulum. Adapun pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas Xc sebagai kelas eksperimen dan Xd sebagai kelas control. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal uraian sebanyak 10 butir. Pengolahan data hasil rata-rata pretes kontrol diperoleh 24,57 dan rata-rata pretest eksperimen diperoleh 25,7. Untuk hasil rata-rata postest kontrol diperoleh 59,86 sedangkan rata-rata postest eksperimen diperoleh 85,15. Uji hipotesis independent sample t-test menggunakan aplikasi SPSS dengan perolehan nilai signifikan post tes sebesar 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil daripada 0,05 (0,00 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwardi, G, Rani, S. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Mathematics Education Journal 2(2), 62-68.
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej
Gunawan, R.P 2013. Berbagi Ilmu Itu Indah. Model Pembelajaran LAPS Heuristic, http://proposal matematika 23. blogspot.co.id/2013/05/modelpembelajaran-laps-heuristic.html
Mawaddah, S dan Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) di SMP. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Nuansyah, dkk. 2019. Efektifitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal pendidikan matematika RAFA, 5(2) 162-172.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmarafa
Purba dan yusnadi. 2015. Filsafat Pendidikan. Medan: Unimed Press.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siti Maryam. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Fluida Dinamis. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Surabaya:Kencana.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7387
Article Metrics
Abstract Views : 416 timesPDF Downloaded : 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nuraini Fatmi, Ainul Mardhiah, Nanda Novita
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |