INVESTIGASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU FISIKA SMAN 9 KERINCI

Sri Wina Oktavia, Haris Mansyur, M Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prinsip prosedur pembelajaran, mengetahui keterampilan membuka dan menutup pelajaran, serta mengetahui keterampilan mengelola kelas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian yang dipakai yaitu studi kasus yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Fisika SMAN 9 Kerinci. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa bentuk keterampilan membuka dan menutup pelajaran diantaranya prinsip bermakna, keimbungan, fleksibel, dan antusias. prosedur menarik perhatian siswa, keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas, di mana guru selalu membuat RPP untuk setiap satu semester menggunakan media pembelajaran yang menarik, mendapatkan sumber belajar dari buku, internet dan media belajar lainnya sesuai dengan materi pembelajaran serta mempunyai keterampilan dalam membuka dan menutup pembelajaran, mengelola kelas, dan memberikan penguatan dan bimbingan diskusi.

Keywords


Membuka menutup pembelajaran, Menjelaskan, Mengelola kelas

Full Text:

PDF

References


Acep Juandi, U. T. S. (2017). Keterampilan dan kreativitas mengajar guru sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa (Teachers teaching skills and creativities as a determinant of the student learning achievement). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 242–250.

Bastian. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Dasar Mengajar Guru Dalam

Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar. 13-57.

Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Rini, E. F. S., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2021).

Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas VIII Pada Materi Cermin Cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50-55.

E.C. Wragg. (2003). Class Management in the Secondary School. London:Routledge.

Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Ginting, A. A. B., Sehab, N. H., & Wulandari,

M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan

Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science

Education, 5(2), 173-179.

Kyriacou, C. (2007). Essesntial Teaching Skills. London:Nelson Thones.

Martua Purba, H. P., Sitepu, A., & Janson Silaban, P. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 242–247.

Nelson, K., & Prince, K. (2019). Planning Effective Intruction. Washington: Cengage

Learning.

Roro, M., & Wahyulestari, D. (2018). Ketrampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Sitorus, W. I. dan J. S. (2016). Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sundari, F.S & Mulyawati,I. (2017). Analisis Keterampilan Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26-36.

Turney, C. (1973). Sydney microSkills Handbook Series 1-5. Sidney:Sydney University.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.7110

Article Metrics

 Abstract Views : 352 times
 PDF Downloaded : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Wina Oktavia, Haris Mansyur, M.Hidayat

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter