PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI KALOR KELAS VII MTs MIFTAHUL ISHLAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah dan untuk mengetahui praktikalitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan sistematika penulisan penelitian dan pengembangan yang kenal dengan Reseach And Development (R&D). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk. Contohnya Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor dengan harapan siswa dapat memahami pelajaran IPA terpadu.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Hasil validasi LKS berbasis Multiple Intelligences adalah 90,7 %, ini berarti LKS berbasis Multiple Intelligences berkategori sangat valid. Hasil uji coba praktikalitas yang dilakukan di satu kelas menunjukkan persentase 88 % dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah yang dikembangkan sangat valid dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib Rifki Setiawan, 2019., Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk Dan Motivasi Belajar, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 13, pp 131
Andayani Mirda, T., Adlim, A., & Mursal, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Gerak Harmonik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 95–103. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9823
Asriani, R., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 77. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1082
Chaerunnisa, V., Syauqiyah, S. G., & Ekanara, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Kecerdasan Majemuk Siswa Pada Konsep Sel Kelas Xi Sma. Biodidaktika, 12(1), 30–37.
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices. Jurnal Phenomenon, 9(1), 99–112.
Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tadris Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan 3-Tier Diagnostic Test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911
Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.
Fatmi, N., Nadia, E., & Siska, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5257
Intelligences, M., Gardner, H., Cerdas, M., & Cerdas, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran “Cerdas” Berbasis Teori Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 118419. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7183
Jayananda, D., Arnyana, I., & Lasmawan, I. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multimodal melalui analisis muatan pengetahuan dan keterampilan ipa pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas v sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 61–69.
Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25236
Lalu A. Didik. (2019). Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp. 3(2), 70–74.
Nugroho, A. D., & Ihwanah, A. (2017). Pendidikan Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam. 1(1), 37–45.
Nursulistiyo, E., Kusumaningtyas, D. A., Puspitasari, A. D., Education, P., Program, S., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Berbasis Keunggulan Teknologi Dan Dijiwai. 1–11.
Oktaweri, S., Magister, M., Fisika, P., & Fisika, S. P.2020., Fisika Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Multimedia Interaktif Berbantuan Game dengan Model Problem Based Learning terhadap Multiple Intelligence Peserta Didik Kelas X SMA, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol. 6, pp 17–25.
Pratiwi, N., & Yulkifli, Y. (2019). Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik Berbantuan LKPD Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Fluida. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 130–139. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4219
Rahmayani, F., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2021). Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Stem pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 208. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32671
Santika, S., Nugraha, D. A., & Solihat, A. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Masalah Dengan Bantuan Microsoft Excel Pada Mata Kuliah Program Komputer. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 23. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1723
Setiawan, A. R.2019., Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 13, pp 126. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.4913
Syamsul, N. A. (2019). Pengembangan Materi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Media Aplikasi Sparkol Videoscribe. Universitas Negeri Makassar, 4.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Tuyhpzyaaaaj&Pagesize=100&Citation_For_View=Tuyhpzyaaaaj:0izlitjtcgwc
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743
Vanny Rahmatina Rahim,2019., Pendekatan SETS, PACE, Multiple Intelligences, Metacognitive Skill, Dan RME Dalam Pembelajaran IPA Terpadu, Jurnal Semesta Pendidikan IPA, Vol. 1, pp 28
Vidia khaerunnisa, siti gia syauqiyah, F., Bambang ekanara, 2017, pengembangan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan kecerdasan majemuk siswa pada konsep sel kelas XI SMA, vol 12, pp 31
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6979
Article Metrics
Abstract Views : 292 timesPDF Downloaded : 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Elma Ko'o, Lalu Ahmad Didik Meiliyadi, Bahtiar Bahtiar
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |