IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SUNGAI PENUH

Ulan Agustina, Fadrina Fadrina Saputri, Eny Sepriyanti, M Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui pelaksanaan asesmen autentik di SMAN 1 Sungai Penuh, 2)mengetahui faktor pendukung asesmen autentik dan 3)faktor penghambat asesmen autentik. kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021, dengan subjek penelitian yaitu siswa 10 Mipa 2 dan 10 Mipa 5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap dua orang guru fisika di SMAN1 Sungai Penuh  Ditemukan hasil bahwa SMAN 1 masih belum afektif dalam melaksanakan asesmen autentik. Masih banyak jenis-jenis asesmen autentik yang belum dilaksanakan dengan baik dan hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor penghambat . Asesmen penilaian proyek, kinerja maupun portofolio membutuhkan waktu yang cukup maksimal dalam pelaksanaannya serta membutuhkan perencanaan kegiatan sebaik mungkin Tingkat kemampuan pemahaman siswa. Tingkat kemampuan pemahaman siswa berbeda-beda. Adapun solusi untuk menangani hal tersebut untuk praktikum atau penilaian kinerja ,proyek atau portofolio bisa dilakukan secara mandiri dirumah untuk meminimalisir waktu.


Keywords


Asesmen, Autentik, Pelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Asrul., Ananda, R dan Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana

Al Arifin, A.H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan. 1(1). 72-82.

Djulia, E dkk. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fitriyanti, I., Hidayat, A dan Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Imiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. 1(1). 27-34.

Juhairiyah. (2017). Asesmen Konten Isi Bidang Studi.Jurnal Pedagogik. 4(1). 62-80.

Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Autentik). Jurnal Madaniyah. 8(2). 209-229.

Riestyananda, A., Rahmanto, A. N dan Ninghardjanti P. (2018). Implementasi Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 2(5). 92-100.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., dan Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Disekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(7).

Siregar, P.S & Wardani, L. (2018). Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Implementasi Penilaian Autentik di SD Negri 003 Rambah. Indonesian Jurnal of Basic Education.1(2). 209-204.

Umrati dan Wijaya, H. (2020). Analisis data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahyuni, L.G.E. (2016). Keautentikan Asesmen Pembelajaran: Studi Analisis Praktek Asesmen Guru di Sekolah Kejuruan. PRASI. 11(01). 27-36.

Wulandari, F.E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia. 247-254.

Yuiani, w dan Siliwangi, I. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Pespektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta. 2(2). 83-91.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6836

Article Metrics

 Abstract Views : 367 times
 PDF Downloaded : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulan Agustina

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter