PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK DI SMA NEGERI 1 SAROLANGUN PADA MATA PELAJARAN FISIKA: INVESTIGASI PEMBELAJARAN ONLINE

Nurhaliza HS, Nurlista Nurlista, M Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan asesmen autentik dalam pembelajaran Fisika, menganalisis kesulitan guru dan faktor penghambat penggunaan asesmen autentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu study kasus melalui wawancara dengan 8 pertanyaan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru Fisika di SMA Negeri 1 Sarolangun. Sample dalam penelitian ini adalah salah satu guru Fisika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen autentik mengubah peran siswa dalam proses asesmen, dari sifat pasif menjadi partisipan aktif, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerjasama dan dapat berpartisipasi dalam mengevaluasi kemajuannya. Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif

Keywords


Asesmen Autentik, Pembelajaran Online, Fisika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. Ed). Jakarta: Rineka Cipta

Asrul., Ananda, R dan Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya

Sarana.

Fitriyanti, I., Hidayat, A dan Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran

IPAUntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Imiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. 1(1). 27-34.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. WACANA: Jurnal

Ilmiah Ilmu Komunikasi. 13(2), 177-181

Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Autentik). Jurnal Madaniyah. 8(2). 209-

Ruslan, Tati Fauziah, and Tuti Alawiyah. (2016). Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian

Autentik Di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1), 147–57.

Qusthalani. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Pendidikan “Si Asseb” Di Sma Negeri 1 Matangkuli Aceh Utara. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 6–14.

Septatiningtiyas, Sriyanti, I. (2019). Asesmen Auntentik dan Evaluasi Pembelajaran Fisika.

Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suseno, Imam. (2019). Penggunaan Penilaian Otentik Bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 54–61.

Wiyani, Novan Ardy. (2017). Relevansi Standarisasi Pembelajaran dan Penilaian Pada

Kurikulum 2013 dengan Konsep Perbedaan Individu Peserta didik. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 22(1). 184-193.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6829

Article Metrics

 Abstract Views : 255 times
 PDF Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhaliza HS

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter