PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK SISWA KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Jumlah subjek adalah sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengambilan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan memberi tes tiap akhir siklus. Data hasil aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar obesrvasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa khususnya pada materi momentum dan impuls. Dari siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36,7%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 32,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Depdiknas.
D. Young, Hugh dan Roger A. Friedman. (2002). Fisika Universitas (Terjemahan) Jilid.1, Jakarta: Erlangga,
Hamzah, B.Uno. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar, dadang. Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.
Miftahul, Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mufarokah, Anissatul. (2013). Strategi & Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.
Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(01), 61–69.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40.
Rosma, Hartiny Sam’s. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas: Teknik Bermain Konstruktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39–46.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Taniredja,Tukiran dkk. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Thobroni, M. dan Mustofa A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6722
Article Metrics
Abstract Views : 246 timesPDF Downloaded : 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Badriah Badriah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |