PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

Faradhillah Faradhillah, Wirdatul Jannah, Syafrizal Syafrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran make a match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep gerak lurus kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa sedangkan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan data uji independent sample t test menggunakan aplikasi SPSS ver. 2016 diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi gerak lurus di SMA Negeri 2 Peusangan.


Keywords


Keterampilan Berpikir Kreatif, Make A Match

Full Text:

PDF

References


Djumpanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. w. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) , 29-34.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Liliawati, W. (Oktober 2011). Pembekalan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16, Nomor 2 , 93-98.

Lovisia, E. (2017). Penerapan Model Make A Match Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau. SPEJ (Science and Physics Education Journal , 7-22.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rita Zahara, S. (2018). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Relativitas , 29-34.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto, J. (2010). SPSS For Window Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. EduMa , 32-42.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6059

Article Metrics

 Abstract Views : 293 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Faradhillah Faradhillah, Wirdatul Jannah, Syafrizal Syafrizal

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter