PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS VIRTUAL LAB BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK

Muliani Muliani, Deassy Siska, Ainul Hasri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  mengetahui kelayakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 3) mengetahui respon siswa terhadap LKS berbasis virtual Lab berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan  metode Research and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data menggunakan LKS, soal  Essay dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan  simulasi PhET  1) layak digunakan dengan nilai validasi dosen ahli media sebesar 82%, guru ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”. 2) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai  rata-rata N-Gain Score  sebesar 0.70 dengan  kategori “tinggi”. 3) respon siswa sebesar 90% dengan kategori “sangat positif”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan memunuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mendapat respon positif dari siswa.


Keywords


LKS, PhET, Getaran Harmonik, Keterampilan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Auliyani, P. Ramli , & Z. Kamus (2018 ). Penerapan LKS Berbantuan virtual laboratory dalam Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap pencapaian Kompetensi Siswa. Pillar of Physics Education.11(1): 65 67

Fitriastuti, N. & Ishafit.(2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Media Virtual PhET pada Materi Momentum dan Tumbukan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika SMA Kelas XI. In Prosiding Seminar Nasional Quantum. ISSN (pp. 2477-1511).

Hendrawati, R. (2018). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Virtual LAB Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan BErpikir Kritis Siswa Di SMA Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Skripsi. Universitas Jember.

Husnalita (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbentuk Buku Saku Pada Materi Fisika Kelas X di MAS Misbahul Ulum Paloh. Skripsi, Universitas Malikussaleh.

Intandari, R., Astutik, S. & Maryani (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET Materi Getaran Harmonis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. vol (7). Hal (349-355).

Putra, D. M., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran menerapkan Model Self Directed Learning Berbantuan Software Proteus Untuk Mencapai Kompetensi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 4(1). Hal 277-283).

Supardi, K. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Bermuatan Karakter Berbasisis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 10. No 2. Halaman 1731-1742.

Sudaryono. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sundayana. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Prosiding Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF). vol 6. 1




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.5755

Article Metrics

 Abstract Views : 623 times
 PDF Downloaded : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muliani Muliani, Deassy Siska, Ainul Hasri, Ainul Hasri

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter